Rapat pembahasan program penghijauan dan reboisasi di wilayah Bandar Udara Depati Amir Pangkalpinang pada Selasa (18/1/2022)
Rapat pembahasan program penghijauan dan reboisasi di wilayah Bandar Udara Depati Amir Pangkalpinang pada Selasa (18/1/2022) ( Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan))

Kawasan Bekas Tambang di VIP Bandara Bakal Direboisasi, Termasuk di Delapan Titik se-Babel

19 Januari 2022 13:16 WIB

SONORABANGKA.ID - Polda Kepulauan Bangka Belitung bersama Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan lintas sektoral bakal melakukan penghijauan sekaligus reboisasi di kawasan VIP Bandar Udara Depati Amir Pangkalpinang.

Sebelum pelaksanaan penghijauan dilangsungkan, tim terlebih dulu melakukan rapat dan juga pemantapan sehingga penanaman dan penghijauan dapat berjalan dengan baik.

Karo Ops Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Pol Pontjo Soediantoko ketika dikonfirmasi mengatakan rapat pembahasan yang dilakukan saat ini merupakan upaya penyamaan persepsi sebagai langkah tindaklanjut penanaman bersama sekaligus menyampaikan terkait perencanaan dan pelaksanaan program penghijauan ini.

"Iya tadi kami bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi Babel dan sektor lainnya melakukan rapat yang tujuannya adalah untuk penyamaan persepsi sehingga kegiatan kita bisa melakukan penanaman dengan baik,"kata  Kombes Pol Pontjo Soediantoko kepada bangkapos.com pada Selasa (18/1/2022).

Pontjo menuturkan pelaksanaan rapat ini juga bertujuan untuk menentukan siapa saja yang akan turut serta dalam perencanaan penanaman.

Ia menambahkan, pelaksanaan penghijauan ini direncakan akan dilakukan pada Jumat, 28 Januari 2022 mendatang dengan menanam hingga 1.500 bibit tanaman.

"Kurang lebih 1.500 bibit akan ditanami di kawasan ini (Kawasan VIP Bandara Depati Amir -red). Untuk tanamannya itu seperti Jambu Mete, Bibit Pinang dan bibit tanaman lainnya," katanya.

Pihaknya lanjut Pontjo, nantinya bakal kembali melakukan rapat bersama seluruh pihak yang terlibat secara final sebagai pemantapan pelaksanaan penghijauan atau reboisasi.

Melalui penghijauan ini, Pontjo menyatakan sebagai upaya untuk meningkatkan wilayah hijau di Bangka Belitung yang penuh akan lahan-lahan pasca tambang.

"Perencanaan konsep jangka pendek, sedang dan panjang juga akan kita lakukan sehingga upaya-upaya penghijauan ini tidak dilakukan sesekali, namun akan digiatkan dengan berkelanjutan sehingga semakin banyak area yang tadinya terbengkalai akibat tambang dapat hijau kembali," ujarnya.

Selain digelar di Kawasan VIP Bandar Udara Depati Amir, Pontjo Soediantoko menambahkan nantinya pemerintah daerah di seluruh kabupaten/kota di Babel bakal melakukan hal yang sama.

Masing-masing wilayah lanjutnya bakal turut melakukan penanaman di lima hektar area yang telah ditentukan dengan bibit yang sudah dipersiapkan.

"Nantinya juga akan dilakukan penanaman di setiap wilayah kabupaten/kota dan ini dilakukan serentak di titik-titik yang telah ditentukan. Totalnya ada 40 hektar yang akan dilakukan penanaman serentak di 8 lokasi," katanya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Kawasan Eks Tambang di VIP Bandara Akan Direboisasi, Termasuk di Delapan Titik se-Babel, https://bangka.tribunnews.com/2022/01/18/kawasan-eks-tambang-di-vip-bandara-akan-direboisasi-termasuk-di-delapan-titik-se-babel.

Sumberbangka pos
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm