Dorce Gamalama saat berkunjung ke kantor Ashanty.
Dorce Gamalama saat berkunjung ke kantor Ashanty. ( (YouTube The Hermansyah A6))

Dorce Gamalama Selain Diabetes, Juga Derita Penyakit Alzheimer

19 Januari 2022 16:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Selain menderita penyakit diabetes, presenter Dorce Gamalama mengalami demensia alzheimer.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh sahabat Dorce Gamalama, Ira Safira, ketika ditemui di kawasan Cawang, Jakarta Timur, Rabu (19/1/2022). "Seperti saya bilang, beliau itu dapat demensia alzheimer. Itu kan recovery-nya lama. Jadi, daya ingatnya kadang on, kadang off," kata Ira.

Alzheimer adalah penyakit yang memengaruhi ingatan, pemikiran, dan tingkah laku seseorang. Alzheimer kerap disebut penyakit pikun. Walau begitu, Ira memastikan Dorce tak  sepenuhnya hilang ingatan karena dia bisa mengenal kembali setelah diberitahu.

"Kalau kita ingatinnya lama, dia akan kenal. Bukan dia sama sekali enggak kenal orang, kenal semua, dia kenal,"kata Ira. Sahabat Dorce Gamalama yang lain, Hetty Soendjaya juga mengungkapkan kondisi terkini sang pembawa acara tersebut.

Hetty mengatakan, kondisi Dorce sudah berangsur membaik dan bahkan keadaan fisiknya jauh lebih bagus dibandingkan sebelumnya. "Keadaan beliau sekarang ini sudah lebih baik, sudah bisa merespon, sudah bisa ngobrol, sudah bisa ketemu sama teman-teman walau step by step 2, 3, 4 orang, enggak bisa lebih dari segitu," tambah Hetty.

"Karena Bunda juga tidak bisa lihat banyak orang, kayak bingung gitu lho, tapi lebih baik. Cuma, yang dikeluhkan itu kaki saja, sebelah kanan, kalau kiri masih bisa ngangkat," ujar Hetty melanjutkan.

Hetty menjelaskan, kaki kiri Dorce Gamalama tidak bisa diangkat karena penyakit diabetes yang dia derita.

Walau begitu, hingga sekarang Dorce Gamalama tetap menjalani terapi demi kesembuhannya. Awal Oktober 2021 lalu, Dorce sempat dirawat di Rumah Sakit Primaya Bekasi Barat karena kondisinya menurun bahkan sempat pingsan.

Pada akhir bulan yang sama ia kembali masuk rumah sakit. Dorce dibawa ke Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) lantaran mengeluh sakit pada bagian dada kanan.

Terakhir saat dijenguk komedian Sule di rumahnya awal Januari 2022, Dorce masih belum bisa berjalan.

Kaki kanannya masih bengkak. Walau sakit Dorce tetap semangat bahkan masih dapat mengajak Sule bercanda

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Selain Diabetes, Dorce Gamalama Juga Derita Penyakit Alzheimer", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/01/19/160432866/selain-diabetes-dorce-gamalama-juga-derita-penyakit-alzheimer?page=2.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm