Tangkapan layar rekaman CCTV saat kecelakaan beruntun di di turunan simpang Muara Rapak, Balikpapan, Jumat (21/1/2022) pagi sekitar pukul 06.15 Wita.
Tangkapan layar rekaman CCTV saat kecelakaan beruntun di di turunan simpang Muara Rapak, Balikpapan, Jumat (21/1/2022) pagi sekitar pukul 06.15 Wita. ( (Istimewa))

Kecelakaan Truk Tronton di Rapak Balikpapan, Sopir Cari Aman Namun Efeknya Fatal

21 Januari 2022 15:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Kecelakaan maut truk tronton yang diduga mengalami rem blong di Balikpapan baru saja terjadi, Jumat (21/1/2022) pagi. Kecelakaan tersebut melibatkan belasan kendaraan dan ada puluhan korban lantaran  tabrakan tersebut.

Jika dilihat pada rekaman CCTV yang banyak beredar di media sosial, truk berwarna merah berjalan dari arah atas dan menabrak beberapa kendaraan yang tengah berhenti di lampu merah.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana menyebutkan, pengemudi nampaknya kurang jam terbang atau masih baru.

“Sebenarnya dia punya tiga alternatif, bisa ke kiri menabrak pohon, ke tengah ketemu kendaraan yang berhenti atau ke kanan dia akan bertemu kendaraan yang berlawanan arah,” katanya kepada Kompas.com, Jumat (21/1/2022).

Tapi mengenai jam terbang juga berpengaruh pada keputusan yang bisa diambil ketika kondisi darurat.

Menurut Sony, pengemudi tersebut juga memiliki kompetensi hard skill dan soft skill yang masih kurang. “Hard skill kan berkaitan dengan operasional, jadi dia bisa melakukan tindakan benar dalam kondisi truk rem blong atau selip sekalipun,” ujar Sony.

Lalu kalau soft skill, pengemudi seharusnya bisa meminimalisir fatalitas di jalan. Kalau bisa pengemudi memilih jalan yang lebih sedikit risiko fatalitasnya, misalnya seperti ke kanan ketika jalanan kosong dan bertemu pengguna jalan dari arah berlawanan atau ke kiri, menabrak pohon.

“Tidak lurus yang memang terlihat aman untuk dia (pengemudi truk) tapi berisiko fatal buat pengendara lain,”tambah Sony.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kecelakaan Truk di Rapak Balikpapan, Sopir Cari Aman tapi Efeknya Fatal", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/21/150052315/kecelakaan-truk-di-rapak-balikpapan-sopir-cari-aman-tapi-efeknya-fatal.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm