Valentino Rossi saat masih di Ducati pada periode tahun 2011-2012(Motorsport.com)
Valentino Rossi saat masih di Ducati pada periode tahun 2011-2012(Motorsport.com) ( kompas.com)

Terungkap, Ini Sebab Rossi Tinggalkan Yamaha dan Pindah ke Ducati

21 Januari 2022 18:14 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sejak pindah dari Honda ke Yamaha pada 2004 nama Valentino Rossi lekat dengan Yamaha. Hingga akhir kariernya pada 2021 Rossi masih di Yamaha.

Walau demikian ada tahun di mana Rossi berpaling dari Yamaha dan pindah ke Ducati pada 2011. The Doctor akhirnya mengaku pindah karena kesal dengan Yamaha dan Jorge Lorenzo.

Dalam wawancara bersama Graham Besinger, pembalap asal Tavullia itu mengatakan perceraian pertamanya dengan Yamaha tak lain berhubungan dengan Lorenzo.

“Kami mengalami saat-saat yang sangat sulit sejak Barcelona 2009. Pada saat itu, setelah kemenangan saya, ada perpecahan yang jelas dalam tim antara dua departemen teknis dan juga di antara kami para pembalap," kata Rossi mengutip Tuttomotoriweb.it, Jumat (21/1/2022).

"Yamaha telah memilih untuk fokus pada dua pebalap papan atas, dan saya sangat marah karena mereka pada dasarnya memutuskan untuk menyamakan saya dengan pembalap lain,” ungkapnya.

Namun perjalanan Rossi di Ducati rupanya tidak mulus. Selama dua musim dia tidak bisa menjinakkan Desmosedici. Ubahan teknis motor berubah sejak ditinggal Casey Stoner yang pindah ke Honda.

“Hubungan dengan Lorenzo sangat buruk, dan ini membuat saya memutuskan ikatan dengan tim dan pindah ke Ducati," ungkapnya.

"Saya kecewa karena para insinyur Jepang yang saya miliki di Yamaha pada tahun-tahun awal berhenti mendukung saya. Saya mengerti bahwa semua orang mulai menyukai Lorenzo, jelas bahwa sekarang mereka fokus padanya,” katanya.

Tapi kepindahannya ke Ducati harus dibayar mahal. Frustasi tidak bisa tampil kompetitif bersama pabrikan Borgo Panigale, Rossi akhirnya kembali ke Yamaha.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Terungkap, Ini Alasan Rossi Tinggalkan Yamaha dan Pindah ke Ducati", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/21/164100115/terungkap-ini-alasan-rossi-tinggalkan-yamaha-dan-pindah-ke-ducati.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm