Jelang Imlek Kelenteng Kong Fuk Miau, Mulai Berbenah Hingga Terapkan Prokes Covid-19 Ketat
Jelang Imlek Kelenteng Kong Fuk Miau, Mulai Berbenah Hingga Terapkan Prokes Covid-19 Ketat ( (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy) )

Menjelang Imlek Kelenteng Kong Fuk Miau, Mulai Berbenah Dan Terapkan Prokes Covid-19

27 Januari 2022 09:25 WIB

SONORABANGKA.ID  - Pada H-7 jelang perayaan Imlek yang jatuh pada 1 Februari 2022, Kelenteng Kong Fuk Miau Muntok kini mulai membersihkan sejumlah bangunan dan altar untuk memeriahkan puncak hari raya umat Khonghucu. 

Berada di jalan Jenderal Ahmad Yani, Kelenteng Kong Fuk Miau yang bersebelahan dengan Masjid Jami Muntok ini pun mulai memasang sejumlah lampu lampion khas perayaan Imlek. 

Pengurus Kelenteng Kong Fuk Miau, Paularita menuturkan untuk puncak peringatan Imlek akan dilakukan pada pukul 00.00 dengan melakukan sembayang bersama. 

"Iya nanti ada sembayang bersama, untuk sekarang kita mulai membersihkan bangunan hingga meja altar. Hal ini karena menurut tradisi Imlek di tanggal 23 menurut kalender Imlek, penghuni yang ada di altar kelenteng sudah diungsikan. Jadi ini harus selesai, sebelum Imlek yang di kalender kita jatuh 1 Februari," ujar Paularita, Rabu (26/01/2022). 

Tetapi kondisi perayaan Imlek 2022 yang masih dalam suasana pandemi Covid-19, pihaknya memastikan akan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat. 

Bahkan saat ini dari pantauan Bangkapos.com pun, sudah terdapat beberapa tempat cuci tangan di berbagai sudut Kelenteng Kong Fuk Miau

"Untuk Covid-19 acara adat penyambutan imlek tidak bisa kita tiadakan, tetap kita lakukan dengan catatan menurut prokes. Kalau Kelenteng ibadah itu tidak harus bersamaan, namun di malam puncak perayaan Imlek ada sembayang bersama tapi ini juga terbatas," tambahnya. 

Sementara itu Kelenteng Kong Fuk Miau yang sudah didirikan sejak 1820 ini juga, akan membagikan sejumlah bantuan kepada orang yang membutuhkan. 

Hingga kini terdapat bantuan dari para donatur yang berasal dari berbagai daerah, memberi bantuan berupa sembako atau pun bantuan dalam bentuk angpao. 

"Untuk bantuan akan disalurkan untuk membantu seperti ke keluarga pra sejahtera, lansia dan anak yatim piatu. Ada bantuan seperti dari Ikatan Keluarga Bangka (Ikaba) sebanyak 125 paket berisi beras, gula, minyak, gandum, teh dan mie instan,"ujarnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Jelang Imlek Kelenteng Kong Fuk Miau, Mulai Berbenah Hingga Terapkan Prokes Covid-19 Ketat, https://bangka.tribunnews.com/2022/01/26/jelang-imlek-kelenteng-kong-fuk-miau-mulai-berbenah-hingga-terapkan-prokes-covid-19-ketat.

Sumberbangka pos
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm