Ilustrasi sajian Imlek dan amplop berwarna merah khas Imlek. Ucapan Imlek dapat disampaikan ketika sedang berkumpul bersama kerabat.(PEXELS/ANGELA ROMA)
Ilustrasi sajian Imlek dan amplop berwarna merah khas Imlek. Ucapan Imlek dapat disampaikan ketika sedang berkumpul bersama kerabat.(PEXELS/ANGELA ROMA) ( kompas.com)

Mengenal Perayaan dan Tradisi Imlek di China, Ada Juga Saling Memberikan Angpau

30 Januari 2022 18:03 WIB

SONORABANGKA.ID - Pada Tahun Baru Imlek tahun ini jatuh pada 1 Februari 2022. Setiap warga keturunan Tionghoa di seluruh dunia merayakan momen tersebut.

Tapi, perayaan dan tradisi perayaan Tahun Baru Imlek dapat berbeda-beda pada setiap negara atau daerah.

Di China, misalnya, perayaan Imlek lebih fokus pada malam tahun barunya, saat anggota keluarga di negara tersebut berkumpul bersama, dikutip dari Travel and Leisure, Minggu (30/01/2022).

Mereka juga akan mengenakan pakaian baru untuk merayakan Imlek, biasanya warna baju yang dipakai adalah merah dan emas yang dianggap sebagai warna keberuntungan.

China di bagian utara merayakan Imlek dengan memakan makanan tradisional yang dibuat dari bahan tepung, seperti bao, panekuk, mie, dan pangsit. 

Nantinya, anak-anak biasanya akan mencari koin keberuntungan di dalam pangsit.

Pangsit tersebut umumnya disajikan bersama ikan, karena dianggap melambangkan kelimpahan untuk tahun yang akan datang.

Sama seperti tradisi memberi angpau di Indonesia, di China, mereka yang merayakan Imlek juga saling memberikan amplop merah berisi uang.

Ada pula beberapa takhayul yang masih dipercaya secara luas di seluruh negeri.

Ini termasuk tidak membeli sepatu baru selama Tahun Baru Imlek dan membersihkan rumah sebelum liburan.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm