Ilustrasi rumah - Tampilan desain teras rumah minimalis.(SHUTTERSTOCK / Photographee.eu)
Ilustrasi rumah - Tampilan desain teras rumah minimalis.(SHUTTERSTOCK / Photographee.eu) ( kompas.com)

Apakah Benar Rumah Hadap Laut atau Sungai Bawa Hoki? Begini Kata Pakar

30 Januari 2022 18:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Untuk masyarakat Tionghoa, fengsui dipercaya memegang peran penting dalam menentukan hoki atau rezeki seseorang.

Kalau ingin mendapatkan keberuntungan, Anda harus mengetahui arah mana yang tepat dalam memilih atau membangun rumah.

Hal ini penting diketahui oleh seseorang karena menyangkut soal energi positif yang dapat dihasilkan.

Dalam kepercayaan fengsui, rumah menghadap laut atau sungai dipercaya memberikan keberuntungan bagi pemiliknya.

Benarkah demikian?

Arsitek sekaligus Pakar Fengsui Sidhi Wiguna Teh membenarkan hal tersebut. Dia mengutip istilah terkenal fengsui.

"Ada quote (kutipan) fengsui yang sangat terkenal 'duduk bersandar gunung memandang laut',"  ujar Sidhi kepada Kompas.com, Minggu (30/1/2022).

Hal ini diibaratkan sebagai gunung melambangkan support atau dukungan yang berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia (SDM) dan air melambangkan kekayaan.

Namun demikian, hal ini tidak berarti semua bangunan yang menghadap laut bisa memberikan banyak keberuntungan.

Sidhi mengatakan, ada banyak faktor lain yang perlu diperhatikan, terutama apakah orang tersebut menghadap arah atau sesuai kompas yang tepat atau tidak.

"(Sebab), ada banyak rumus fengsui yang digunakan dalam penataan sebuah bangunan, agak teknis," tuturnya.

Dikutip dari Travel China Guide, rumah yang bersandar pegunungan dan menghadap sungai sejatinya bisa membawa keberuntungan bagi orang-orang yang tinggal di dalamnya seperti pendapat para ahli fengsui.

Sejauh ini, sudah banyak arsitektur kuno di China yang dibangun di kaki gunung dan dekat air, sebut saja Mausoleum Qin Shi Huang dan Rumah Keluarga Konfusius.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Benarkah Rumah Hadap Laut atau Sungai Bawa Hoki? Begini Kata Pakar", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/properti/read/2022/01/30/151603821/benarkah-rumah-hadap-laut-atau-sungai-bawa-hoki-begini-kata-pakar.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm