Ilustrasi rumah. (FREEPIK/SENIVPETRO)
Ilustrasi rumah. (FREEPIK/SENIVPETRO) ( kompas.com)

Rumah Menghadap Barat Tidak Bagus Berdasarkan Feng Shui, Mengapa?

31 Januari 2022 21:33 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sudah cukup lazim diketahui bahwa rumah menghadap barat adalah feng shui buruk. Orang biasanya menghindar dari membeli rumah yang menghadap ke barat.

Hal ini terutama berlaku di daerah yang menghadapi panasnya matahari sore menjelang terbenam sepanjang tahun. Lebih parah lagi bila ruang tamu atau kamar tidur terkena langsung sinar matahari terbenam karena panas yang terakumulasi membuat orang tidak nyaman.

Namun demikian, sebenarnya mengapa rumah menghadap barat tidak bagus menurut feng shui? Dikutip dari Feng Shui Beginner, Senin (31/1/2022), berikut beberapa alasannya.

1. Peningkatan tingkat keausan

Dalam waktu lama, furnitur, gorden, dan lantai rumah akan memudar di bawah pengaruh kuat sinar ultraviolet dan sinar matahari.

2. Peningkatan biaya

Panas matahari meningkatkan suhu rumah, menghasilkan tingkat penggunaan peralatan dalam ruangan yang lebih tinggi, seperti lemari es dan konsumsi AC yang lebih tinggi. Semua ini akan meningkatkan tagihan listrik.

3. Ketidaknyamanan menyebabkan ketidakharmonisan

Anggota keluarga yang tinggal di rumah menghadap barat mudah marah, sehingga dapat mempengaruhi hubungan. Dalam jangka panjang dapat memengaruhi kondisi kesehatan emosional dan fisik.

4. Ventilasi angin buruk

Dalam situasi seperti itu, rumah mempunyai ventilasi angin yang lebih buruk, dibandingkan dengan rumah yang menghadap ke Utara Selatan.

Kesimpulannya, yang terbaik adalah memasukkan orientasi rumah sebagai salah satu kriteria pemilihan untuk memilih rumah baru. Selain itu, Anda harus mempertimbangkan faktor eksternal dan internal saat berburu rumah.  

Bila Anda tidak memiliki pilihan dan sudah tinggal di rumah yang menghadap ke barat, mungkin ada baiknya untuk berinvestasi dalam lapisan film surya yang bagus.

Pelapis ini dapat membantu meminimalkan jumlah panas dan sinar UV yang diperoleh melalui transmisi sinar matahari, tapi tetap memungkinkan cahaya alami masuk.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rumah Menghadap Barat Tidak Bagus Menurut Feng Shui, Mengapa?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/31/094100576/rumah-menghadap-barat-tidak-bagus-menurut-feng-shui-mengapa-?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm