Kapal Tol Laut Sandar di Pelabuhan
Kapal Tol Laut Sandar di Pelabuhan ( KOMPAS.com)

KM Kendhaga Nusantara 9 Resmi Layani Trayek Baru Tol Laut

1 Februari 2022 07:15 WIB

SonoraBangka.ID - Kapal Tol Laut bermuatan kontainer, KM Kendhaga Nusantara 9, resmi beroperasi di Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara.

Beroperasinya KM Kendhaga Nusantara 9 ditandai dengan sandar perdana di Pelabuhan Babang pada Jumat (28/1/2022) pukul 20.32 WIT malam dan selanjutnya sandar perdana di Pelabuhan Saketa pada Senin (31/1) pagi.

Pelabuhan Babang dan Pelabuhan Saketa menjadi pelabuhan singgah dari trayek baru Tol Laut di tahun 2022 ini, yakni rute T-29.

Kapal Tol Laut KM Kendhaga Nusantara 9 trayek T-29 ini melayani rute Tanjung Perak – Piru – Wayaloar – Malbufa – Babang – Saketa - Gimea (Tapaleo) – Bula - Tanjung Perak.

Peresmian Tol Laut di Pelabuhan Babang ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Selatan Saiful Turuy, mewakili Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik.

Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa kehadiran Tol Laut ini selain memangkas disparitas harga barang karena biaya pengangkutan logistik lebih murah.

Menurutnya, Tol Laut juga mempermudah pelaku usaha untuk terhubung dalam bisnisnya. Dengan begitu, proses distribusi logistik bisa dijalankan dengan lebih mudah.

Sejarah Tol Laut di Halmahera Selatan

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Halmahera Selatan Amar Talib dalam hal ini menduduki Koordinator Tol Laut di Halmahera Selatan.

Ia menyampaikan bahwa Tol Laut ini beroperasi di Halmahera Selatan sejak tahun 2019 (T-16), yakni menyinggahi Pelabuhan Jikotamo, Kecamatan Obi. "Pada tahun 2022 ini, Kabupaten Halmahera Selatan kembali mendapat tambahan layanan Tol Laut (T-29) yang menyinggahi Pelabuhan Babang, Saketa, dan Pelabuhan Wayaloar," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (31/1/2022).

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm