Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah, Sajidin
Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah, Sajidin ( Bangkapos.com/Sela Agustik)

Kini Harga TBS Kelapa Sawit di Bangka Tengah Naik Rp 3.050

3 Februari 2022 06:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Saat ini Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah mencatat kurang lebih ada seluas 8.506,3 hektar lahan kelapa sawit yang ada di seluruh kecamatan di Bangka Tengah.

Dari jumlah luasan tersebut kecamatan Sungaiselan menjadi wilayah terluas terdapat lahan kelapa sawit, yakni 2.518,03 hektare.

Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah Sajidin mengatakan pertumbuhan pertanian kelapa sawit di Kabupaten Bangka Tengah cukup baik, dan menjadi salah satu komoditi pertanian yang mendukung perekonomian masyarakat.

Ia menyebutkan, saat ini harga TBS kelapa sawit di wilayahnya juga mengalami kenaikan yakni berkisar Rp 3.050 per kilogram dari harga sebelumnya Rp 2.750 per kilogram.

Menurutnya, adanya kenaikan harga TBS Kelapa sawit ini memberikan dampak positif bagi para petani. 

"Saya lihat sekarang harga sawit di kita (Bangka Tengah) ini naik dari harga sebelumnya, dan ini cukup mengembirakan sehingga bisa menompang perekonomian dan membantu pendapatan masyarakat. Ya memang " kata ajidin.

Diakui Sajidin yang menjadi keluhan para petani kini  justru harga pupuk yang tinggi sehingga memerlukan biaya produksi yang cukup besar.

"Kalau untuk ketersediaan pabrik saya rasa disini sudah maksimal, yakni ada lima pabrik yang terdapat di wilayah Bangka Tengah. Hanya saja permasalahan kenaikan pupuk yang menyeluruh di indonesia. Dimana solusinya kita Dinas Pertania hanya bisa menyarankan kepada petani untuk mengurangi pupuk kimia dengan menggunakan kompos," ucapnya, Rabu (2/2/2022).

Diungkapkan Sajidin dalam mendukung para petani kelapa sawit, pihaknya juga turut membantu program peremajaan kelapa sawit, bagi masyarakat yang memiliki sawit yang sudah tidak produktif lagi.

"Jadi tahun 2020 Kemarin program replanting ini ada 236 hektar yang sudah berjalan , dan tahun 2021 ada empat kelompok yang disusulkan dan sudah dua gapoktan sudah berjalan dengan luas 249 hektar dari target 500 hektar," ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya pun akan terus berupa mendukung sektor pertanian di Kabupaten Bangka Tengah.

"Potensi kelapaa sawit di Bangka Tengah sangat baik, bahkan hampir seluruh tanah kosong ini disi para petani tani sawit. Akan tetapi selain kelapa sawit kita juga turut mendukung komoditi lainnya, seperti tanaman holtikultural yang menjadi penyumbang terbesar sektor pertanian kita," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Harga TBS Kelapa Sawit di Bangka Tengah Naik Rp3.050, https://bangka.tribunnews.com/2022/02/02/harga-tbs-kelapa-sawit-di-bangka-tengah-naik-rp3050.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm