Luna Maya
Luna Maya ( ist)

Hampir Rp 2 Juta Uangnya Raib, Luna Maya Kena Tipu Lewat Telepon

3 Februari 2022 09:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Kejadian apes baru-baru ini menimpa presenter dan aktris Luna Maya. Ia kena tipu melalui sambungan telepon. Uang Luna hampir Rp 2 juta raib dari rekeningnya. Luna menduga penipuan ini berunsur hipnotis.

Berikut ceritanya:

1. Mengaku customer service

Luna bercerita, mawalnya ia mendapat telepon dari nomor berawalan +1. Kemudian diketahui Luna bahwa nomor tersebut adalah kode untuk WhatsApp.

Penelepon mengaku customer service dari operator seluler yang dipakai Luna Maya. Pelaku lalu menawarkan dua hal, yaitu biaya telepon gratis selama tiga bulan dan penukaran poin menjadi uang senilai Rp 800.000.

"Guys jadi, gue ditelepon terus dibilang orangnya dari Telkomsel. Telkomsel Point. Gue tahu Telkomsel Point gue tuh lumayan banyak dan memang jarang gue pakai poinnya gitu," ujar Luna Maya dikutip dari YouTube Luna Maya, Rabu (2/2/2022).

"Terus sudah dong, gue diarahin, mau, dia bilang tiga bulan gratis biaya telepon. Wah oke juga nih, gue langsung 'oke-oke boleh-boleh'. Terus masih ada sisa 800 poin itu bisa diuangkan. 'Hah jadi berapa?' 'Rp 800.000' oh lumayan juga poin gue banyak ya," katanya.

2. E-Wallet di M-Banking

Penipu itu lantas meminta Luna Maya masuk ke aplikasi M-Banking agar bisa masuk aplikasi dompet elektronik atau E-Wallet. Luna menurutinya. Luna hanya mengikuti semua instruksi dari penipu itu hingga dia memberikan kode OTP di E-Wallet ke sang penipu.

Padahal artis berusia 38 tahun itu sadar dalam hati bahwa OTP bersifat rahasia. "Gue dalam hati gue ya kan OTP tuh enggak boleh dikasih tahu siapa-siapa, enggak boleh diomongin ke orang-orang dengan santainya 'iya ini OTP nya' gitu, tololnya minta ampun," ucap Luna.

Sumberkompas
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm