Ilustrasi Pemasangan Panel Surya
Ilustrasi Pemasangan Panel Surya ( KOMPAS.com)

Persiapan G20, 6 Lokasi di Bali Bakal Terpasang Panel Surya

3 Februari 2022 16:35 WIB

SonoraBangka.ID - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Bali Tol (JBT), menandatangani Perjanjian Kerja Sama Fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan PT PT Bukit Energi Investama (BEI).

Direktur Utama Jasamarga Bali Tol I Ketut Adiputra Karang menyambut baik kerja sama ini sebagai bentuk sinergi untuk mempersiapkan Presidensi G20 Tahun 2022 yang akan berlangsung di Bali.

“Fasilitas PLTS ini semakin menunjang kesiapan Jalan Tol Bali Mandara sebagai salah satu infrastruktur ramah lingkungan yang turut mendukung pelaksanaan Presidensi G20 Tahun 2022 di bulan Oktober mendatang, selain program beautifikasi dan penataan lansekap yang saat ini tengah kami kerjakan,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (3/2/2022).

Dalam perjanjian kerja sama tersebut, nantinya kegiatan usaha dan operasional PT JBT akan didukung dengan PLTS berkapasitas maksimum 400 kilowatt-peak (kWp) yang disediakan oleh Bukit Energi Investama.

Pada penerapannya, panel surya akan terpasang di enam titik pada jalur motor Jalan Tol Bali-Mandara dengan panjang masing-masing titik lokasi 1 kilometer (km), yang akan mulai dikerjakan pada Maret 2022 dan ditargetkan rampung pada awal Juli 2022.

"Energi dari PLTS akan digunakan oleh PT JBT dalam memenuhi kelistrikan sehari-hari, di antaranya untuk lampu penerangan jalan, kantor operasional, dan juga gerbang tol. Penggunaan energi tersebut akan lebih efisien serta tentunya ramah lingkungan," jelasnya.

Selain itu, PT JBT juga terus mengejar progres pekerjaan penataan lansekap dan beautifikasi Jalan Tol Bali-Mandara dalam rangka mendukung pelaksanaan Presidensi G20 Tahun 2022. Antara lain penanaman mangrove di sekitar Interchange Ngurah Rai, pembuatan taman di area gerbang tol dan penanaman tanaman hias di median jalan serta akses keluar masuk yang ada di Jalan Tol Bali-Mandara.

“Progres hingga akhir Januari 2022, kami telah melakukan penanaman Lee Kwan Yew sebanyak 115 pot di interchange, penanaman pohon Kamboja, Pandan Laut, dan Spider Lily di wilayah Taper, baik di Km 3+600 A maupun Km 3+600 B hingga penanaman Jepun Bali, Bougenville, Spider Lily dan Bayam Merah di akses Jalan Tol Bali-Mandara,” tambahnya.

Tidak hanya beautifikasi dan penataan lansekap, PT JBT juga akan menonjolkan ciri khas dari Provinsi Bali kepada tamu negara Presidensi G20 dengan menghadirkan ornamen-ornamen khas daerah tersebut.

“Selain patung penari Bali yang rencananya akan dipasang di akses Nusa Dua, kami juga menambahkan ornamen khas Bali yang akan dipasang pada lampu penerangan jalan, hingga program perapian gerbang tol yang terinspirasi dari bentuk Angkul-Angkul Bali yang biasa digunakan sebagai gerbang masuk pekarangan rumah tinggal di Bali,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Persiapan G20, 6 Lokasi di Bali Bakal Terpasang Panel Surya ", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/02/03/150900626/persiapan-g20-6-lokasi-di-bali-bakal-terpasang-panel-surya-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm