( )

John Frusciante Reuni Bareng RHCP untuk Album Baru 'Unlimited Love'

7 Februari 2022 07:52 WIB

SonoraBangka.Id - Red Hot Chili Peppers (RHCP) akan segera hadir dengan album baru 'Unlimited Love' sekaligus momen reunian dengan gitaris "edan", John Frusciante.

Album ke-12 dari unit rock kawakan asal California ini digarap bersama produser Rick Rubin dan dijadwalkan bakal rilis pada 1 April 2022 mendatang.

Membuka pengumuman album tersebut kemarin Jumat (04/22), Red Hot Chili Peppers sekaligus merilis sebuah single terbaru berjudul 'Black Summer'.

Hadirnya single dan pengumuman album baru ini adalah pertama kalinya John Frusciante berkarya lagi bersama band lamanya tersebut sejak 2006 lalu.

Nama Frusciante sendiri udah nggak asing bagi Red Hot Chili Peppers.

 
Advertisement by
 

Doi pertama kali bergabung dalam band pada 1988 untuk gantikan gitaris sebelumnya, Hillel yang meninggal karena overdosis.

Bersama dengan Frusciante dalam rentang waktu 17 tahun (1989-2006), warna musik psychedelic yang dibawanya emang menjadi berkah tersendiri bagi pakem funk dari RHCP lewat enam album penuh yang dihasilkan yakni: Mother’s Milk’, ‘Blood Sugar Sex Magik’, ‘One Hot Minute’, ‘Californication’, ‘By the Way’ dan ‘Stadium Arcadium’.

Namun, Frusciante kembali memutuskan hengkang dari Red Hot Chili Peppers pada 2009, karena ingin fokus merintis proyek solo.

Sejak 2019, gitaris sahabat Dewa Budjana ini pun balik lagi untuk gantikan posisi Josh Klinghoffer dalam formasi RHCP saat ini.

Alhasil, magis tersebut akhirnya kembali muncul, 'Unlimited Love' selaku album baru dari RHCP merupakan sebuah produk dari bersatunya nyawa Frusciante dengan band ini.

Bahkan, RHCP juga mendeskripsikan lahirnya album ini mereka sebagai "tujuan untuk hanyut dan tenggelam dalam musik," jelas mereka pada pernyataan pers (04/02).

Dalam pernyataan terpisah, Frusciante pun mengamini hal tersebut, "Kami benar-benar bersenang-senang dan dipenuhi oleh perasaan bahagia ketika menulis album ini. Buatku pribadi, album ini mewakilkan rasa cinta dan kepercayaan kami pada satu sama lain," tegas John Frusciante tentang album 'Unlimited Love'.

 
 
"Untuk pemanasan, kami harus bawain lagu-lagu klasik dulu dari musisi kayak The Kinks, The New York Dolls, atau bahkan Richard Barrett. Tapi lama kelamaan, secara organik kami akhirnya bisa membentuk materi baru, setelah beberapa bulan bersama," pungkasnya.

SumberHai
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm