Ilustrasi mengelola keuangan
Ilustrasi mengelola keuangan ( Dok. HaloMoney.co.id, diaryperempuan.com)

Apakah Money Management Penting dan Mau Tahu Caranya? Kepoin Disini

8 Februari 2022 09:31 WIB

SonoraBangka.id - Tentunya, money management menjadi faktor yang harus diperhitungkan oleh investor, selain memastikan memilih saham yang bagus.

 Money management akan berguna ketika investor atau trader akan mengambil keputusan.

Money management atau manajemen uang biasanya mengacu pada proses menentukan anggaran, alokasi tabungan, evaluasi pengeluaran, tabungan atau bahkan mengawasi penggunaan modal investasi individu ataupun secara berkelompok.

Money management dilakukan sebelum dan sesudah investasi atau trading. Penting bagi investor dan trader untuk mengevaluasi sistem manajemen keuangannya. Perencana keuangan Finansialku, Rizqi Syam, CFP®, mengungkapkan bahwa mengevaluasi money management dapat dilakukan dengan mengajukan 7 pertanyaan berikut ini.

Bagaimana kondisi keuangan Anda?

Mengenali kondisi keuangan sebelum berinvestasi dapat mencegah kerugian akibat perilaku serakah di kemudian hari. Terlebih jika Anda masih memiliki utang yang cukup besar. Jangan sampai investasi mengganggu stabilitas keuangan Anda. Lebih parah lagi jika sampai investasi dari hasil pinjaman. Dengan mengetahui kondisi keuangan, Anda dapat membuat strategi yang tepat.

Apa tujuan investasi Anda?

Beberapa kali ditemukan kasus investor yang berinvestasi tanpa tujuan, entah karena mengikuti teman atau kurang memahami soal investasi. Jika seseorang berinvestasi tanpa tujuan dapat mengakibatkan inconsistency di tengah – tengah investasi.

Contohnya, ketika melihat harga saham yang fluktuatif investor mengambil keputusan berdasarkan emosi dan keadaan saat itu tanpa mempertimbangkan apa tujuan awal berinvestasi, sebab dari awal memang tidak tahu investasi itu untuk apa.

Selain itu, dengan tujuan investasi, investor dapat menyesuaikan produk investasi apa yang dapat mewujudkan tujuannya secara optimal.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm