ilustrasi eksplorasi anak
ilustrasi eksplorasi anak ( shutterstock via lifestyle.kompas.com )

Ketika Si Kecil Lakukan Eksplorasi, Apa Yang Harus Diperhatikan?

9 Februari 2022 20:00 WIB

SonoraBangka.id - Biasanya di usia tumbuh kembang, Si Kecil perlu melakukan eksplorasi agar ia dapat mudah beradaptasi dengan dunia luar.

Namun, bagi beberapa orangtua, ada perasaan tidak aman untuk Si Kecil bereksplorasi, yang membuat Moms memperkecil lingkup ruang eksplorasinya.

Padahal, ketika ruang eksplorasi anak dibuka lebar, tentu mengikuti usia tumbuh kembangnya, orangtua bisa optimis bahwa Si Kecil akan menjadi pribadi yang lebih percaya diri.

Sebenarnya, Moms tidak perlu merasa khawatir, asalkan bisa menyediakan kebutuhan yang diperlukan untuk menjamin keamanan anak saat eksplorasi.

Pertama, untuk berkembang, tentu saja anak membutuhkan nutrisi, jadi orangtua harus menyediakan nutrisi yang cukup.

Sehingga Si Kecil tidak hanya bertumbuh, tetapi juga tumbuh dan berkembang.

Kedua, anak juga butuh berada di lingkungan yang aman, sehingga orangtua harus menyediakan lingkungan yang aman.

Sebagai contoh, jika Si Kecil hendak bereksplorasi, tetapi ternyata banyak barang-barang berbahaya di sekitar anak, maka jangan sampai ia mencelakakan dirinya sendiri.

Terakhir yang tak kalah penting, Moms sebagai orangtua juga perlu menyempatkan diri untuk anak. 

Harus ada waktu untuk melakukan interaksi dan stimulasi dengan Si Kecil, dan tentunya semua dilakukan dengan keadaan yang nyaman, penuh rasa sayang.

Sumbernakita.grid.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm