Anggota DPR Rieke Diah Pitaloka memberikan keterangan saat menjadi saksi ahli dalam sidang Peninjauan Kembali (PK) Perkara Kasasi Mahkamah Agung tekait PHK sepihak pegawai oleh Pelindo II, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jakarta, Senin (16/10/2017). Sidang tersebut mendengarkan keterangan saksi ahli mantan anggota Komis IX DPR Rieke Diah Pitaloka yang juga ahli ketenagakerjaan.
Anggota DPR Rieke Diah Pitaloka memberikan keterangan saat menjadi saksi ahli dalam sidang Peninjauan Kembali (PK) Perkara Kasasi Mahkamah Agung tekait PHK sepihak pegawai oleh Pelindo II, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jakarta, Senin (16/10/2017). Sidang tersebut mendengarkan keterangan saksi ahli mantan anggota Komis IX DPR Rieke Diah Pitaloka yang juga ahli ketenagakerjaan. ( (ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A))

Rieke Diah Pitaloka Dulu Sempat Jual Jamu Keliling Hingga Nasi Uduk, Ini Kisahnya

10 Februari 2022 08:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Aktris sekaligus anggota DPR RI, Rieke Diah Pitaloka mengisahkan tentang masa kecil hingga remajanya yang harus berjuang demi biaya hidup dan sekolah. Dia pernah berjualan jamu keliling dengan sepeda.

Jamu itu merupakan buatan ibunya sendiri. "(Jual) jamu godog, enggak digendong, naik sepeda," ujar Rieke dikutip dari YouTube Brownis Trans tv, Kamis (10/2/2022). "Waktu masih sekolah, pokoknya susah aja judulnya, sampai kuliah, harus cari kerjaan," tambah Rieke tak mau mengungkap lebih dalam kenangan masa kecilnya.


Tidak hanya berjualan jamu, untuk menggambarkan seperti apa kehidupannya dulu, Rieke menceritakan fakta lainnya. Agar bisa sarapan, dulu Rieke harus bisa berhasil menjual nasi uduk atau lontong sayur.

"Kalau mau sarapan, harus bisa jual 10 nasi uduk atau lontong sayur, baru aku dapat bonus satu,"kata Rieke.

"Supaya bisa makan, emang susah (hidupnya). Yang penting bisa bayaran kuliah," tambahnya. Cerita Rieke menjadi penjual jamu keliling sebelumnya juga pernah dia ceritakan ketika rapat dengar pendapat pembentukan panitia kerja jamu di gedung DPR RI.

Saat itu dia bercerita bahwa dulu dia berjualan jamu sejak bangku sekolah dasar (SD). Alasan Rieke terjun ke dunia hiburan pun awalnya lantaran membutuhkan biaya untuk sekolah. Waktu itu Rieke masih SMP dan menjadi figuran yang hanya bisa lewat sambil membawa nampan.

Tak banyak yang berubah saat duduk di bangku Universitas. Rieke masih tetap harus bekerja untuk biaya sekolahnya. Tapi karena tetap harus bekerja sedangkan kampus tempatnya kuliah tidak mengizinkan bolos, akhirnya Rieke hanya bisa bekerja di hari Sabtu dan Minggu.

Ketika itu Rieke mendapat peran sebagai hantu di serial Impian Pengantin. Karena uang sebagai hantu tak cukup, akhirnya Rieke mengambil pekerjaan sebagai model di hari Senin sampai Jumat di daerah Jayakarta.

"Kalau ngelihat baju di pasar tradisional suka ada fotonya model, saya ambil job itu, per baju Rp 3.000,"ujar  Rieke dikutip dari YouTube Netmediatama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kini Sukses, Rieke Diah Pitaloka Dulu Pernah Jual Jamu Keliling Hingga Nasi Uduk", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/02/10/071526066/kini-sukses-rieke-diah-pitaloka-dulu-pernah-jual-jamu-keliling-hingga-nasi?page=2.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm