Menaruh kaki di dasbor(Cicmah hasyim - blogger)
Menaruh kaki di dasbor(Cicmah hasyim - blogger) ( kompas.com)

Jangan Dibiasakan Untuk Taruh Kaki di Dasbor Mobil, Ini Bahayanya

11 Februari 2022 21:12 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Menaruh kaki di dasbor mobil kerap dilakukan oleh penumpang yang duduk di kursi depan. Tujuannya membuat perjalanan jadi lebih nyaman dan santai.

Kegiatan tersebut dilakukan bukan cuma pada saat mobil dalam kondisi berhenti, bahkan ada juga yang melakukannya saat sedang berjalan. Perlu diketahui, menaruh kaki di posisi ini sangat berbahaya, terutama pada mobil dengan airbag.

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, posisi kaki di dasbor sangat berbahaya. Ketika mobil tabrakan, kaki bisa patah karena airbag atau tertekan dasbor.

“Airbag yang meledak juga bisa membuat dengkul kita menghantam ke muka, bisa gegar otak,” kata Marcell kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Marcell menjelaskan, kecepatan ledak airbag ketika mengembang bisa mencapai 350 kpj. Maka dari itu, tentu saja kaki yang ada di atas dasbor jadi ikut terdorong dengan kecepatan tadi.

Sementara itu Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, penumpang yang duduk di dalam mobil ada etikanya. Etika ini diatur atas dasar keselamatan dan keamanan.

“Kalau berlaku tidak wajar atau duduk sembarangan akan berisiko fatal saat kecelakaan. Karena duduk sempurna salah satu yang mengurangi risiko cedera,” ucap Sony.

Sony mengatakan, jika menaruh kaki di dasbor yang mana bukan tempat semestinya, sama dengan menantang maut. Ketika mobil mengerem saja, posisi yang tidak sempurna ini membuat badan merosot ke depan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Dibiasakan Taruh Kaki di Dasbor Mobil, Ini Bahayanya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/11/081200915/jangan-dibiasakan-taruh-kaki-di-dasbor-mobil-ini-bahayanya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm