All New Camry resmi diluncurkan Selasa (8/1/2019)(Kompas.com/Setyo Adi)
All New Camry resmi diluncurkan Selasa (8/1/2019)(Kompas.com/Setyo Adi) ( kompas.com)

Buat yang Belum Tahu, Ini Alasan Mobil Sedan Jarang Memiliki Wiper Belakang

14 Februari 2022 18:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Wiper merupakan salah satu komponen bawaan wajib dari setiap mobil. Komponen ini berfungsi sebagai pembersih otomatis kaca yang akan memudahkan kita saat berkendara, khususnya dalam kondisi jalan hujan maupun berkabut.

Selain wiper di kaca depan, beberapa mobil juga memiliki wiper di bagian kaca belakang. Sama seperti wiper depan, penyeka kaca yang ada di belakang berguna untuk menyapu air ketika hujan.

Ketika kaca belakang kotor, tentu pandangan pengemudi akan kondisi jalan di belakangnya jadi tidak terlihat. Tapi, ternyata tidak semua kendaraan memiliki wiper untuk membersihkan kaca belakang, salah satunya model sedan.

Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, wiper untuk kaca belakang biasa ditemui di mobil jenis hatchback, SUV, maupun MPV. Hal ini dikarenakan bentuk dari bodi bagian belakangnya.

“Hal ini dikarenakan turbulensi kotoran dari ban bisa mengotori kaca, oleh karena itu, perlu ditambah wiper belakang,” ucap Didi kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sedangkan mobil sedan memiliki bagian bagasi di belakang yang cukup panjang. Kemudian kaca belakang juga relatif landai dan letaknya jauh dari ban belakang, sehingga turbulensi maupun cipratan air dari ban belakang tidak akan sampai ke kaca.

Memang beberapa model sedan ada yang menggunakan wiper di kaca belakangnya, tapi tidak sebanyak SUV atau model lain yang bagian belakangnya rata. Maka dari itu, wiper di kaca belakang mobil sedan tidak begitu diperlukan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Buat yang Belum Tahu, Ini Alasan Mobil Sedan Jarang Punya Wiper Belakang", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/14/111200515/buat-yang-belum-tahu-ini-alasan-mobil-sedan-jarang-punya-wiper-belakang.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm