Ilustrasi sepatu yang digunakan untuk menyetir mobil.(FMMOTORPARTS.com)
Ilustrasi sepatu yang digunakan untuk menyetir mobil.(FMMOTORPARTS.com) ( kompas.com)

Mitos atau Fakta, Wajib Injak Pedal Gas Saat Ingin Matikan Mesin Mobil?

14 Februari 2022 19:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mesin mobil modern seharusnya lebih minim perawatan dan memudahkan para penggunanya. Termasuk juga lebih efisien dan ramah lingkungan ketimbang mesin mobil lawas.

Kebiasaan lama yang mengharuskan pemanasan saat baru menyala, atau menginjak pedal sebelum mematikan mobil, sudah semestinya tidak perlu dibiasakan pada mobil baru.

Masalahnya, masih banyak pengemudi yang melakukan kebiasaan menginjak gas saat ingin mematikan mesin mobil. Umumnya, kegiatan ini sering terlihat dilakukan oleh orang-orang tua.

Kabarnya, dengan menggerungkan gas sebelum mematikan mesin dianggap bisa mengisi aki kendaraan. Sehingga ketika nanti mau dinyalakan kembali, aki mobil jadi tidak soak.

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, mengatakan, kebiasaan menginjak pedal gas sebelum mematikan mesin mobil untuk menjaga daya tahan aki belum bisa dibuktikan kebenarannya.

Masalahnya, proses pengisian aki sebetulnya tidak terjadi ketika pedal gas diinjak berulang kali saat mobil dalam posisi diam.

“Menginjak gas sebelum mematikan mesin hanya mitos saja. Malahan enggak ada gunanya dan cenderung boros bahan bakar karena mobil digas tapi bukan untuk menjalankan mobil,” ucap Suparna kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Terlebih bila diterapkan pada mobil-mobil zaman sekarang, yang mana sistem pengisian akinya sudah bagus.

Tanpa perlu digas sebelum mematikan mesin, aki mobil sudah terisi penuh lagi jika dalam kondisi normal.

“Justru kalau digas itu, akan menimbulkan pemakaian bahan bakar yang mubazir. Lalu menimbulkan polusi dan kalau ngegasnya terlalu berlebihan, bisa membuat mesin overrunning,” ujar Suparna.

Maka dari itu, pengemudi tidak perlu melakukan kegiatan tersebut. Sebab, kondisi tersebut justru membuat banyak bahan bakar yang seharusnya sudah tersuplai tetapi tidak terbakar sempurna.

“Kalau bahan bakar terlalu banyak tertinggal di ruang bakar, kalau bocor bisa terkontaminasi dengan oli mesin. Jadi manfaatnya enggak ada tapi efek sampingnya bisa menimbulkan hal-hal yang negatif,” kata Suparna.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Wajib Injak Pedal Gas Sebelum Matikan Mesin Mobil?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/14/101200215/mitos-atau-fakta-wajib-injak-pedal-gas-sebelum-matikan-mesin-mobil-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm