Ilustrasi Tahun Baru Imlek 2022, Tahun Macan Air.
Ilustrasi Tahun Baru Imlek 2022, Tahun Macan Air. ( FREEPIK/PIKISUPERSTAR)

Keberuntungan Shio, Ini 3 Fakta Menarik Tahun Baru Imlek 2022!

15 Februari 2022 09:02 WIB

SonoraBangka.idImlek 2022 menjadi hari yang dinantikan masyarakat keturunan Tionghoa karena menandai datangnya awal tahun menurut kalender mereka.

Ya, Tahun Baru Imlek 2022 sudah lewat beberapa hari yang lalu.

Diketahui, budaya Tahun Baru Imlek juga melekat di Indonesia. Setiap tahunnya, masyarakat Tionghoa memeriahkannya dengan memasang atribut khas, seperti lampion, dekorasi berwarna merah, kue keranjang, pagelaran barongsai, dan angpao.

Di balik kemeriahannya, Tahun Baru Imlek 2022 menyimpan sederet fakta menarik.

Apa saja fakta menarik dari Tahun Baru Imlek 2022?

1. Gong Xi Fa Cai bukan ucapan selamat Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek identik dengan ucapan Gong Xi Fa Cai. Seolah-olah arti Gong Xi Fa Cai berarti selamat Tahun Baru Imlek. Mengutip pemberitaan Kompas.com (31/1/2022), Gong Xi Fa Cai secara harfiah bermakna selamat mendapatkan lebih banyak kekayaan atau kemakmukan.

Dosen senior Departemen Chinese Studies Universitas Malaya Prof Dr Yam Kah Kean mengatakan bahwa istilah Gong Xi Fa Cai lebih fokus pada keuntungan materi daripada semangat kebersamaan.

Oleh karena itu, beberapa orang lebih memilih menggunakan ungkapan Xinnián hao sebagai ucapan selamat Tahun Baru Imlek. Xinnián hao berasal dari Bahasa Mandarin yang diterjemahkan sebagai ‘New Year Goodness’. Selain Xinnián hao, Xin nian kuai le juga bisa menjadi pilihan ucapan selamat Tahun Baru Imlek.

Ungkapan Xin nian kuai le berarti ‘New Year Happiness’. Ungkapan ini merupakan cara untuk mengucapkan selamat tahun baru kepada teman tanpa merujuk material, uang, dan finansial. Xin nian kuai le juga dinilai lebih formal dan paling sering digunakan. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm