Ilustrasi mi shirataki yang sudah dimasak
Ilustrasi mi shirataki yang sudah dimasak ( SHUTTERSTOCK/ Amawasri Pakdara)

Apa Itu Shirataki, Makanan yang Dipercaya Bisa Turunkan Berat Badan?

16 Februari 2022 21:12 WIB

SonoraBangka.idShirataki adalah sumber karbohidrat yang terbuat dari umbi tanaman konjak (Amorphophallus konjac).

Ya, bagi sebagian orang, shirataki bisa jadi masih dianggap asing. Jangankan mencoba, mendengar namanya saja mungkin tidak.

Tapi bagi sebagian lainnya, terutama pelaku diet dan gaya hidup sehat, shirataki kerap jadi bahan diskusi.

Bahkan beberapa waktu lalu sempat viral, karena makanan ini dipercaya sangat baik bagi penderita diabetes dan bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

Sebenarnya, seperti apa sih shirataki?

Seperti dikutip dari Kompas.com, shirataki dikenal sebagai mi yang terbuat dari glukomanan, sejenis serat yang berasal dari akar tanaman konjac atau konnyaku.

Tanaman ini banyak tumbuh di Jepang, China, dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Di Jepang sendiri, akar konjac diolah jadi tahu, obatobatan, dan pengganti nasi.

Menyerupai Mi dan Nasi

Sementara itu The Kitchn menulis, shirataki dibuat dengan cara mencampur serat glukomanan dengan air dan sedikit kapur agar mudah dibentuk. 

 
 
Ketiga campuran bahan ini kemudian direbus, lalu dibentuk memanjang hingga berbentuk tipis layaknya mi pada umumnya.

Namun, ada pula yang dibentuk menyerupai nasi. Mi shirataki mengandung karbohidrat yang lebih sedikit daripada mi pada umumnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm