Ilustrasi Kripto
Ilustrasi Kripto ( KOMPAS.com)

Miliki 5 Juta Pengguna, Indodax Kuasai 45 Persen Investor Kripto Nasional

18 Februari 2022 16:31 WIB

SonoraBangka.ID - Platform jual beli aset kripto, Indodax mencatat jumlah pengguna atau member terus mengalami pertumbuhan signifikan.

Tercatat sampai dengan Februari 2022, jumlah pengguna Indodax telah mencapai 5 juta orang, atau setara dengan 45 persen dari total keseluruhan investor aset kripto di Indonesia sebanyak 11 juta orang.

CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan, jika dibandingkan tahun lalu, jumlah member mengalami kenaikan sebesar 104 persen.

"Indodax merupakan crypto exchange yang berdiri dari tahun 2014 dengan nama awal Bitcoin.co.id dan merupakan pionir local exchange di Indonesia yang saat ini sudah diawasi oleh Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi)," ujar dia, dalam keterangannya, Jumat (18/2/2022).

Lebih lanjut Oscar menyebutkan, semenjak merebaknya pandemi Covid-19 tren berinvestasi aset kripto semakin menjamur, di mana penetrasi investasi aset kripto mayoritas diisi oleh investor dengan rentang usia 21-35 tahun.

Ia pun tidak menutup kemungkinan, ke depannya fenomena berinvestasi aset kripto akan semakin marak, dengan potensi penambahan investor kripto baru berasal dari kota dengan jumlah populasi lebih sedikit.

"Hal ini masih perlu proses, utamanya proses edukasi. Bagaimana langkah-langkah yang tepat untuk memulai berinvestasi aset kripto, mengenal kripto yang akan dipilih, bagaimana cara memilih aset kripto yang benar, tentu harus digaungkan terus menerus," tuturnya.

Terkait hal tersebut, Indodax disebut berkomitmen untuk terus mengedukasi para investor pemula yang baru terjun ke kripto, mencakup edukasi mengenai ekosistem blockchain yang berkaitan erat dengan aset kripto, seperti decentralized finance, NFT, dan metaverse, semakin banyak digandrungi.

"Teknologi ekosistem kripto ini dengan cepat mulai diterima masyarakat Indonesia. Tentunya, kita semua berharap teknologi blockchain dapat membuat Indonesia menjadi setara dengan negara maju lainnya," ucap Oscar.

Sebelumnya, Bappebti Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyampaikan bahwa jumlah investor aset kripto di Indonesia hingga akhir 2021 mencapai 11 juta orang.

Angka ini jauh lebih besar dibandingkan jumlah investor di pasar modal berbasis Single Investor Identification (SID) yang jumlahnya hanya mencapai 7,48 juta investor. Adapun akumulasi nilai transaksi aset kripto di Indonesia pada 2021 mencapai Rp 859,45 triliun atau rata-rata per hari sebesar Rp 2,3 triliun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Miliki 5 Juta Pengguna, Indodax Kuasai 45 Persen Investor Kripto Nasional ", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/02/18/145600126/miliki-5-juta-pengguna-indodax-kuasai45-persen-investor-kripto-nasional.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm