Ilustrasi mobil mengisi BBM di SPBU Pertamina. Pertamina telah menaikkan harga BBM per 12 Februari 2022. Berapa harga BBM Pertamina terbaru?(Dok. Pertamina)
Ilustrasi mobil mengisi BBM di SPBU Pertamina. Pertamina telah menaikkan harga BBM per 12 Februari 2022. Berapa harga BBM Pertamina terbaru?(Dok. Pertamina) ( kompas.com)

Apa Benar Fuel Pump Rusak karena Sering Pakai BBM Oktan Rendah?

18 Februari 2022 16:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Penggunaan bahan bakar yang direkomendasikan oleh masing-masing pabrikan kendaraan biasanya menggunakan nilai oktan sebagai patokannya.

Misal, untuk mesin berbahan bakar bensin saat ini umumnya disarankan menggunakan bensin dengan nilai oktan minimal 92.

Penggunaan bahan bakar dengan oktan yang rendah bisa merusak komponen mesin. Sebab pembakaran yang tercipta di dalam mesin jadi prematur, sehingga menyebabkan knocking dan berujung pada kerusakan mesin.

Selain mesin, ada pula anggapan bahwa penggunaan bahan bakar bernilai oktan rendah bisa merusak komponen lain seperti fuel pump. Apakah hal tersebut benar?

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, menuturkan bahwa kerusakan fuel pump bukan disebabkan karena nilai oktan bahan bakar yang digunakan, melainkan kualitas bahan bakarnya yang tidak murni dan mengandung banyak residu.

“Yang memengaruhi fuel pump bukan lah oktan, tetapi kebersihan dari bahan bakar,” ucap Suparna kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Bisa dikatakan, fuel pump rawan rusak apabila terdapat sumbatan kotoran yang menumpuk akibat bahan bakar yang digunakan tercampur dengan material lainnya.

“Kalau bahan bakarnya dicampur dengan bahan lain misal air atau lainnya yang mengandung residu, itu yang bisa membuat fuel pump mampet,” ujarnya lebih lanjut.

Hal tersebut tidak cuma berlaku pada mesin berbahan bakar bensin, tapi juga mesin diesel yang menenggak solar. Apabila solar yang digunakan memiliki kadar residu atau sulfur yang tinggi, maka filter pada fuel pump bisa lebih cepat mampet.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Benarkah Fuel Pump Rusak karena Sering Pakai BBM Oktan Rendah?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/18/063100415/benarkah-fuel-pump-rusak-karena-sering-pakai-bbm-oktan-rendah-.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm