Pembalap MotoGP berlatih start pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).(ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU)
Pembalap MotoGP berlatih start pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).(ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU) ( kompas.com)

Sambut MotoGP Di Mandalika, Kemenhub Siapkan Fasilitas Transportasi

18 Februari 2022 17:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menyiapkan dukungan untuk perhelatan MotoGP di Mandalika, Lombok, NTB, pada 18-20 Maret 2022.

Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, mengatakan, pihaknya menganggarkan total biaya Rp 21,2 miliar untuk gelaran tersebut.

“Secara bertahap kami di Ditjen Hubdat memberikan beberapa dukungan, baik berupa fasilitas keselamatan, juga transportasinya," ujar Budi, dalam keterangan tertulis (17/2/2022).

Pertama, dukungan shuttle bus dengan anggaran Rp 5,4 Miliar dengan kebutuhan 188 unit di mana 85 unit bus dari Kemenhub dan 103 unit dari ITDC untuk shuttle bus di kawasan Mandalika.

Jumlah bus tersebut telah disesuaikan untuk mengangkut penumpang sebanyak 63 ribu orang dan dapat digunakan secara gratis.

Sementara itu, akan ada dukungan berupa bus antarmoda untuk melayani angkutan antarmoda di 6 rute yang menghubungkan pusat kota dan simpul transportasi di luar kawasan sirkuit.

“Untuk bus antarmoda kami siapkan 278 bus. Nantinya semua pergerakan penumpang baik di dalam kawasan maupun di luar akan menggunakan angkutan yang disediakan. Berikutnya pembangunan 4 halte bus dan Penerangan Jalan Umum (PJU) untuk mendukung beberapa ruas jalan,” ucap Budi.

Tidak cuma itu, pihaknya juga mempersiapkan sebuah skema Manajemen Rekayasa Lalu lintas (MRLL).

“Dengan peningkatan kendaraan dan banyaknya masyarakat tentunya akan banyak kendaraan yang memicu kemacetan," kata Budi.

"Oleh karena itu kami bekerja sama dengan Kepolisian akan menyiapkan MRLL sehingga diharapkan kelancaran akan terjamin dan mengatur pergerakan kendaraan dari satu titik ke titik lain,” tutur dia.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm