Ilustrasi diet
Ilustrasi diet ( Kompas.com)

Bagaimana Cara Melakukan Cheating Day yang Baik dan Benar Saat Diet?

19 Februari 2022 10:46 WIB

SonoraBangka.id - Berat badan yang ideal memang penting, bukan hanya untuk membuat kita semakin percaya diri, tapi juga semakin sehat.

Mempunyai berat badan yang ideal merupakan impian semua orang, khususnya wanita.

Seperti yang diketahui, berat badan yang berlebih atau obesitas seringkali dikaitkan dengan penyakit-penyakit terutama kardiovaskular.

Untuk itu, demi memiliki berat badan yang ideal, banyak orang yang mengikuti program diet dengan membatasi porsi makan.

Tak jarang, para pelaku diet rela membuat diri mereka kelaparan agar mengalami penurunan berat badan dalam waktu cepat.

Padahal, program diet seperti ini bukanlah diet yang sehat dan justru merugikan tubuh.

Mengutip Grid.ID, definisi diet sebenarnya adalah mengatur pola makan yang sehat serta memerhatikan komponen gizi dan kalori yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Bahkan, apabila kita menyiksa diri dengan melakukan diet dalam waktu yang lama tanpa menjalankan cheating day, hal itu termasuk diet yang tak sehat.

Cheating day sendiri merupakan hari ‘libur’ diet di mana pelaku diet diberikan kebebasan dengan ‘mengizinkan’ dirinya sendiri mengonsumsi makanan kesukaannya selama satu hari.

Melansir Kompas.com, banyak para ahli yang menyebutkan bahwa cheating day bermanfaat untuk mengatur perubahan dalam komposisi tubuh dan meningkatkan fungsi metabolisme karena fluktuasi hormon leptin.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm