Maverick Vinales saat shakedown test di Sepang(Dok. @maverickvinales12)
Maverick Vinales saat shakedown test di Sepang(Dok. @maverickvinales12) ( kompas.com)

Vinales Bicara Peluang Bisa Menang Dengan Tiga Pabrikan Berbeda

19 Februari 2022 18:21 WIB

SONORABANGKA.ID - Pebalap Maverick Vinales menjadi salah satu pebalap MotoGP yang sudah merasakan tiga pabrikan yang berbeda. Dua di antaranya, Vinales berhasil merasakan kemenangan.

Banyak yang penasaran apakah mantan pebalap Suzuki dan Yamaha ini juga bisa naik podium utama bersama Aprilia. Apalagi, melihat Aprilia tampak menjanjikan di sesi tes pramusim.

Dari sepanjang sejarah balap motor ini digelar sejak 1949, tak banyak pebalap yang bisa menang menggunakan tiga motor dari pabrikan yang berbeda.

Cuma ada empat pebalap, yakni Mike Hailwood, Randy Mamola, Eddie Lawson, dan Loris Capirossi. Bahkan, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang sudah merasakan Yamaha, Ducati, dan Honda, tidak mampu melakukannya.

Rossi tidak berhasil meraih kemenangan saat di Ducati. Sedangkan Lorenzo, gagal menang selama berada di Honda.

Untuk Vinales, mungkin akan lebih berat lagi untuk meraih kemenangan. Sebab, mengingat Aprilia yang baru sekali naik podium dan sama sekali belum pernah meraih kemenangan.

"Akan menjadi mimpi untuk menang dengan tiga pabrikan, sepertinya saya bisa menjadi satu-satunya yang bisa melakukannya di era MotoGP," ujar Vinales, dikutip dari Crash.net, Sabtu (19/2/2022).

Vinales menambahkan, target utamanya adalah membawa Aprilia menjadi lebih kompetitif. Namun, dia mencoba untuk realistis dan menyadari bahwa RS-GP masih butuh seper sekian detik lagi untuk bisa bersaing meraih kemenangan.

"Jalan yang panjang untuk menemukan setting yang tepat, khususnya bagi saya. Motor ini di-setting untuk gaya berkendara yang berbeda. Kami masih kesulitan di beberapa area, khususnya dengan grip ban," kata Vinales.

Vinales mengatakan, saat sesi tes pramusim di Sepang dan Mandalika, Aprilia mendapatkan hasil yang positif. Dengan status tim konsesi, Aprilia juga masih bebas melakukan pengetesan dan pengembangan mesin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Vinales Bicara Peluang Menang Dengan Tiga Pabrikan Berbeda", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/19/084200715/vinales-bicara-peluang-menang-dengan-tiga-pabrikan-berbeda.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm