Desa Perlang Bangka Tengah Masuk Daftar 300 Besar Desa Wisata
Desa Perlang Bangka Tengah Masuk Daftar 300 Besar Desa Wisata ( bangkatengahkab.go.id/Redoh)

Desa Perlang Bangka Tengah Masuk Daftar 300 Besar Desa Wisata

21 Februari 2022 06:46 WIB

SonoraBangka.ID - Herry Erfian selaku Wakil Bupati Bangka Tengah ikuti launching Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 secara daring melalui zoom meeting, bertempat di Smart Meeting Room (SMR) Sekretariat Bangka Tengah, Jumat (18/02/2022).

Kegiatan ini merupakan inisiasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 pertama kali diluncurkan pada 30 April 2021 sebelum resmi dimulai pada 7 Mei 2021. ADWI 2021 terdiri dari tujuh kategori yang dapat diikuti yaitu CHSE, Desa Digital, Souvenir (kuliner, fesyen, kriya), Daya Tarik Wisata (alam, budaya, buatan), Konten Kreatif, Homestay, dan Toilet.

Malam puncak Anugerah Desa Wisata Indonesia telah dilaksanakan pada 7 Desember 2021.

Secara resmi, Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Parekraf/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meluncurkan Anugerah Desa Wisata Indonesia, Apresiasi Kreasi Indonesia, dan Kabupaten Kota Kreatif Indonesia.

"Besar harapan saya bahwa dengan melanjutkan Anugerah Desa Wisata Indonesia, Apresiasi Kreasi Indonesia, dan Kabupaten Kota Kreatif Indonesia tahun ini dan di tahun-tahun berikutnya, kita akan menjangkau lebih banyak lagi lapisan masyarakat yang secara langsung akan berdampak positif bagi kesejahteraan dan kebangkitan ekonomi Indonesia," ucapnya.

Terkait hal ini, Herry Erfian mengatakan dari total 1.831 desa wisata yang mendaftar pada 2021 lalu, Bangka Tengah masuk daftar 300 besar desa wisata dan tempatnya di Desa Perlang.

"Alhamdulillah, Bangka Tengah berhasil masuk 300 Desa pada acara launching Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2022 tepatnya di Desa Perlang. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita karena dari 1.831 desa yang mendaftar, Bangka Tengah masuk di angka 300. Itu termasuk prestasi yang membanggakan bagi kita Kabupaten Bangka Tengah," kata Erfian.

"Semoga ini menjadi motivasi bagi desa-desa lain untuk mengikuti jejak Desa Perlang sebagai desa wisata karena di Bangka Tengah ini memiliki banyak potensi wisata," sambungnya.

Sementara itu, Zainal selaku Kepala Disbudparpora Kabupaten Bangka Tengah mengaku jika pada tahun 2021, Bangka Tengah mengikuti Anugerah Desa Wisata ini.

"Alhamdulillah kita masuk 300 besar, memang persiapannya kami akui masih kurang karena ini kali pertama keikutsertaan Bangka Tengah. Tetapi mudah-mudahan dengan adanya launching Anugerah Desa wisata Indonesia tadi, kami akan mempersiapkan sedini mungkin," jelas Zainal yang saat ini mengaku mencari bimbingan dari pusat.

"Kami berharap semoga tahun ini (2022-red) bisa menghadirkan empat Desa Wisata di Bangka Tengah," lanjutnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini tim Disbudparpora Bateng dan Sekretaris Pokdarwis Desa Wisata Perlang.

https://bangkatengahkab.go.id/berita/detail/kominfo/desa-perlang-bangka-tengah-masuk-daftar-300-besar-desa-wisata

SumberDiskominfosta Bangka Tengah
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm