jafar berbincang dengan Bunda Posyandu Kabupaten Bateng, Selasa (22/02/2022).
jafar berbincang dengan Bunda Posyandu Kabupaten Bateng, Selasa (22/02/2022). ( Istimewa)

Eva Semangati Lansia untuk Rutin Cek Kesehatan di Posyandu Lansia

25 Februari 2022 18:57 WIB

SonoraBangka.ID – Berubah drastis raut wajah Jafar, salah satu lansia di Dusun Tanah Merah, terlihat sumringah saat berbincang dengan Bunda Posyandu Kabupaten Bangka Tengah, Eva Algafry. Pertemuan ini terjadi saat Jafar melakukan pengecekan kesehatan di Posyandu Lansia, Dusun Tanah Merah, Desa Baskara Bakti, Kecamatan Namang, Selasa (22/02/2022).

Eva Algafry melanjutkan dengan menyapa dan meninjau langsung para lansia yang satu per satu datang untuk mengecek kesehatan rutin, mulai dari pengecekan tekanan darah, tinggi badan, berat badan, lingkar perut, penyakit tidak menular (PTM) serta konseling.

"Pak, yang rajin cek kesehatannya ya. Kami hadir disini untuk membantu Bapak dan Ibu semua," ujar Eva kepada salah satu lansia yang datang.

Saat ditemui, Eva berharap dengan hadirnya petugas kesehatan secara langsung dan rutin dari satu RT ke RT lain di tiap desa dapat membantu para warga, terutama lansia, yang mau melakukan pengecekan kesehatan.

“Posyandu Lansia ini secara rutin dilaksanakan dan biasanya stay di satu tempat tetapi kedepan, petugas kesehatan yang mendatangi para warga secara langsung. Dengan demikian, warga yang awalnya ingin datang ke Puskesmas tetapi terkendala jarak yang terlalu jauh ataupun tidak ada keluarga yang bisa mengantar, dapat terbantu dan terlayani pengecekan kesehatannya,” terang Eva.

Ia juga berharap kegiatan seperti ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Menurutnya, kebanyakan orang tua atau lansia ini selain untuk berobat juga membutuhkan obrolan santai, membutuhkan perhatian dan juga ingin didengarkan.

"Dengan penampilan yang baik dari tim kesehatan, ditambah respon yang ramah dalam melayani, sebenarnya bisa menjadi obat yang utama bagi lansia kita. Jadi, kita semua tentu berharap lansia kita juga dapat menjadi lebih sehat," harap Eva.

Hadir pada kunjungan Posyandu Lansia ini Wakil Ketua TP-PKK Kecamatan Namang, Dasini, jajaran Tenaga Kesehatan Puskesmas Namang, Kader TP-PKK Dusun Tanah Merah dan unsur Pemerintahan Desa Baskara Bakti. 

SumberDiskominfosta Bangka Tengah
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm