Sochi Autodrom di Rusia (Worldcarfans)
Sochi Autodrom di Rusia (Worldcarfans) ( kompas.com)

Konflik Rusia-Ukraina, Sebastian Vettel Boikot Balapan F1 Di Rusia

25 Februari 2022 21:21 WIB

SONORABANGKA.ID - Pebalap Sebastian Vettel, pebalap Formula One (F1) sekaligus salah satu petinggi Grand Prix Drivers' Association (GPDA) menyatakan sikap tegasnya terhadap konflik Rusia dan Ukraina.

Ia menolak untuk mengikuti balapan F1 di Rusia yang rencananya akan dilangsungkan pada 23-25 September 2022 di Sirkuit Autodrom Sochi.

Vettel mengatakan, seharusnya seri FI di Rusia pada September 2022 tidak perlu digelar sebagai tindak lanjut terhadap konflik Rusia dan Ukraina yang sedang memanas akhir-akhir ini.

Apabila balapan di Sirkuit Sochi Autodrom tetap dilaksanakan, Vettel menyatakan dirinya tidak akan datang dan mengikuti balapan tersebut.

"Menurut saya pribadi, saat saya bangun dan membaca berita ini, saya terkejut. Hal ini sungguh mengerikan. Tentu jika melihat pada kalender kami akan melakukan balapan di Rusia. Namun saya tidak akan ikut. Saya rasa balapan di negara tersebut tidak benar," ucap Vettel, seperti dilansir dari Sky Sports, Jumat (25/2/2022).

"Saya kasihan kepada orang-orang tak bersalah yang menjadi korban jiwa, meninggal karena alasan bodoh dan kepemimpinan yang sangat aneh dan gila," kata pebalap yang pernah menjadi juara dunia empat kali tersebut.

Hal yang sama, Max Verstappen, juara dunia FI 2021 turut mengatakan bahwa mengadakan balapan di negara yang tengah berkonflik bukanlah keputusan yang tepat.

"Ketika sebuah negara tengah berperang, sangat tidak benar untuk melangsungkan agenda balapan di sana, itu hal yang pasti," ucap Verstappen.

Sebagai informasi, Sochi telah menjadi tuan rumah ajang balapan F1 sejak 2014. Dalam pernyataan resmi penyelenggara balapan tersebut, dikatakan bahwa F1 masih tetap mengikuti perkembangan terkini mengenai konflik kedua negara terkait. Belum ada informasi dan pernyataan sikap resmi mengenai nasib balapan di Sochi September mendatang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Konflik Rusia-Ukraina, Sebastian Vettel Boikot Balapan F1 Rusia", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/25/141200015/konflik-rusia-ukraina-sebastian-vettel-boikot-balapan-f1-rusia.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm