ilustrasi smartphone user
ilustrasi smartphone user ( cnet.com)

Telepon Seluler dan Smartphone Tidak Sama, Ini Bedanya

28 Februari 2022 17:23 WIB

SonoraBangka.ID - Istilah smartphone dan telepon seluler merupakan istilah yang kerap kali kita dengar. Tidak jarang, masyarakat menganggap keuda perangakat tersebut sama.

Meskipun kedua perangkat ini memiliki bentuk fisik dan fungsi yang hampir sama, namun sebenarnya telepon seluler dan smartphone merupakan perangkat yang berbeda.

Kendati demikian, baik telepon seluler dan smartphone sama-sama merupakan perangkat genggam (mobile device).

Lantas apa yang membedakan telepon seluler dengan smartphone? Dilansir dari laman Ask Any Difference, perbedaan utama antara telepon seluler dan smartphone adalah dari kegunaannya.

Telepon seluler atau yang saat ini umum disebut sebagai feature phone, hanya dapat digunakan untuk melakukan panggilan dan menerima pesan melalui sinyal frekuensi radio.

Sedangkan pada smartphone atau ponsel pintar, tidak hanya digunakan untuk melakukan panggilan dan mengirim dan menerima pesan, tapi juga untuk mengakses internet hingga mengambil gambar dengan kualitas terbaik.

Dari segi ukuran bodi perangkat, telepon seluler memiliki ukuran yang lebih kecil dan praktis digunakan karena fiturnya sederhana. Sedangkan pada smartphone, perangkatnya memiliki fungsi yang lebih kompleks dengan permukaan layar sentuh, akses internet, dan memiliki sistem operasi yang jauh lebih canggih.

Telepon seluler juga cenderung menggunakan keyboard fisik sedangkan smartphone dibekali keyboard layar sentuh.

Smartphone juga ditunjang koneksi yang lebih beragam dibanding telepon seluler. Teleponseluler hanya ditunjang sistem jaringan 0G hingga 2G. Sedangkan pada smartphone saat ini telah berkembang hingga 5G dan kemungkinan akan terus meningkat.

Seperti disinggung sebelumnya, untuk tampilan antarmuka, telepon seluler cenderung lebih sederhana, tidak rumit, dan tanpa sistem operasi nan kompleks.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm