Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno ( KOMPAS.com)

Sandiaga Uno Minta Pemda dan Pelaku UMKM Belitung Siapkan Produk Unggulan Jelang Acara G20

28 Februari 2022 17:35 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berharap momen Presidensi G20 Indonesia menjadi pendorong kebangkitan ekonomi di Kepulauan Bangka Belitung (Babel), salah satunya lewat sektor kuliner.

Hal ini disampaikan Menteri Sandi dalam Workshop Kata Kreatif di Aula Serbaguna Kantor Bupati Belitung, Sabtu (26/2/2022).

Sandi menuturkan, workshop ini ditujukan bagi kabupaten dan kota kreatif. Selain itu, program tersebut juga merupakan program unggulan untuk meningkatkan sisi kreativitas dari masing-masing daerah. Di Belitung, dipilih sub sektor ekonomi kreatif kuliner.

"Yang hadir di sini pasti kuliner-kuliner unggulan. Harapannya, kabupaten ini juga dalam proses uji petik, sebagai kabupaten terkreatif dan semoga ditetapkan sebagai kabupaten kreatif se-Indonesia," kata pria yang kerap disapa Sandi itu.

Selain untuk menyampaikan sambutan dan memberi semangat para pelaku usaha kuliner di Belitung, kehadiran Sandi juga untuk memastikan kesiapan G20.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengingatkan agar pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten serta pelaku UMKM mempersiapkan produk unggulan saat pertemuan tingkat menteri pembangunan anggota G20 tersebut.

"Kalian harus siap-siap atas G20 karena event ini adalah sekali dalam 20 tahun, Indonesia bisa menjadi tuan rumah dari negara-negara besar seperti Amerika, China dan beberapa negara lainnya," kata dia.

Sandi berharap, Presidensi G20 Indonesia menjadi pemicu kebangkitan ekonomi bangsa, membuka peluang usaha, Selain itu, Sandi juga berharap agar delegasi G20 yang datang tidak hanya menjadi rohalu (rombongan hanya lalu), tetapi mereka menjadi Rojali (rombongan belanja dan beli).

Berkolaborasi, bersilaturahmi dan saling membantu, menjadi kunci yang disarankan oleh Menteri Sandi.

"Tetapi saatnya ini kita berkolaborasi dan inovasi serta yang terakhir kita beradaptasi karena Belitung memiliki potensi alam dan budaya luar biasa," ungkapnya.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm