Soyeon (G)I-DLE
Soyeon (G)I-DLE ( KOMPAS.com/Melvina Tionardus)

Soyeon (G)I-DLE dan Cube Entertainment Minta Maaf soal Plagiat Lagu My Teen Girl

1 Maret 2022 15:57 WIB

SonoraBangka.ID - Jeon Soyeon member (G)I-DLE dan agensinya Cube Entertainment merilis pernyataan sebagai tanggapan atas kontroversi plagiat di sekitar penutup lagu “My Teen Girl”, Senin (28/2/2022).

“My Teen Girl” adalah program audisi girl group MBC yang menayangkan final secara langsung pada 27 Februari 2022.

Jeon Soyeon adalah seorang mentor di acara itu dan memberi hadiah kepada para kontestan sebuah lagu berjudul “SUN” yang dia buat untuk mereka tampilkan di final.

Setelah final ditayangkan, orang-orang memerhatikan kesamaan chorus dengan lagu ATEEZ “Wave" (2019).

KQ Entertainment, agensi ATEEZ, menyatakan bahwa meskipun nama tim produksi mereka telah tercantum dalam kredit “SUN”, mereka tidak memberikan izin untuk lagu atau nama produser untuk digunakan.

"Pertama, kami menundukkan kepala dan meminta maaf karena menyebabkan kontroversi dengan perilisan 'SUN'," tutur pihak Cube Entertainment.

Cube mengatakan setelah final ditayangkan, mereka memantau situasi dan mengenali kesamaan bagian melodi dengan lagu lain.

"Artis kami (Jeon Soyeon) berbicara langsung dengan produser lagu tersebut tentang situasi tersebut dan meminta maaf kepada mereka," ungkap Cube Entertainment.

Dalam proses itu, mereka menilai bahwa karena mereka telah mengakui kesamaan, mereka harus memberikan penghargaan kepada produser aslinya.

Setelah diskusi Soyeon dengan produser, Soyeon mengirim permintaan ke perusahaan produksi "SUN" meminta untuk mengubah kredit.

"Satu jam sebelum dirilis, agensi produser memberi tahu kami bahwa mereka menentang hal ini, tetapi karena permintaan kepada perusahaan produksi telah dibuat, lagu tersebut dirilis tanpa penentangan agensi yang tercermin," jelas Cube Entertainment.

"Sekali lagi, kami mohon maaf atas situasi saat kredit dimodifikasi tanpa diskusi nyata dengan produser yang bersangkutan dan agensinya. Kami akan melakukan yang terbaik agar masalah ini tidak terjadi lagi," pungkas Cube Entertainment.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Soyeon (G)I-DLE dan Cube Entertainment Minta Maaf soal Plagiat Lagu My Teen Girl", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/03/01/125907866/soyeon-gi-dle-dan-cube-entertainment-minta-maaf-soal-plagiat-lagu-my-teen.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm