Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno ( KOMPAS.com)

Sandiaga Uno: Wisatawan Rusia dan Ukraina Salah Satu yang Potensial Berkunjung ke Bali

2 Maret 2022 10:34 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, wisatawan asal Rusia dan Ukraina merupakan salah satu wisatawan yang potensial berkunjung ke Bali.

Meskipun saat ini tengah terjadi perang antara Rusia dan Ukraina, Sandiaga terbuka untuk menerima wisatawan asal dua negara tersebut. Apalagi, Sandiaga menilai Rusia dan Ukraina memiliki waktu lama tinggal dan pengeluaran yang cukup tinggi.

“Rusia dan Ukraina merupakan pasar (pariwisata) yang sangat potensial, dan sebetulnya kami sedang juga menggarap pasar Rusia dan Ukraina karena potensi selama ini terkait dengan permintaan untuk berlibur di Bali, baik dari segi lama tinggal maupun kualitas berlanjanya memiliki prospek yang sangat baik,” kata Sandiaga dalam Weekly press Briefing, Selasa (1/3/2022).

Sandiaga mengungkapkan, adanya konflik antara Rusia dan Ukraina saat ini juga diharapkan tidak mengganggu potensi wisata di tanah air. Pihaknya juga terus melakukan kordinasi dengan pihak–pihak yang sedang mengurus kunjungan dari Rusia ataupun Ukraina ke Pulau Sewata tersebut.

“Tentunya konflik Rusia dan Ukraina ini akan mempengaruhi dari segi jadwal maupun dari segi kepastain dan keamanan dari para wisatawan ini. Kami terus berkordinasi, dan saya juga tadi masih berbalas pesan dengan rekan–rekan yang sedang mengurus penerbangan langsung dari Moskow ke Bali,” jelas Sandiaga.

Sandiaga menjelaskan, kondisi ini akan terus dievaluasi dari hari ke hari. Pihaknya juga telah berdiskusi dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi terkait dengan potensi wisatawan dari Rusia dan Ukraina untuk berlibur di Indonesia.

“Saya baru berdiskusi dengan Ibu Menlu, dan dia mengatakan, pemulihan pariwisata kita jangan sampai terganggu dengan konflik ini. Seandainya sudah ada konfirmasi dari turis Rusia dan Ukraina untuk ke Bali atau ke Indonesia, silahkan dipersiapkan,” kata Sandiaga menyampaikan arahan Retno.

Sandiaga memastikan, Indonesia tidak menutup pintu pariwisata bagi turis asal Rusia dan Ukraina, utamanya ke destinasi favorit, Bali.

“Walaupun kita enggak menutup pintu, kita membuka peluang untuk wisatawan (termasuk Rusia dan Ukraina) berwisata di Indonesia, terutama di destiansi favoritnya Bali,” tegas dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sandiaga Uno: Wisatawan Rusia dan Ukraina Salah Satu yang Potensial Berkunjung ke Bali", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/03/02/055029826/sandiaga-uno-wisatawan-rusia-dan-ukraina-salah-satu-yang-potensial-berkunjung.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm