Foto udara progres pembangunan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu (23/2/2022). Menurut PT Jakarta Propertindo (Jakpro), pembangunan JIEC yang ditargetkan selesai dalam waktu tiga bulan itu saat ini telah mencapai 28 persen.(ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Foto udara progres pembangunan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu (23/2/2022). Menurut PT Jakarta Propertindo (Jakpro), pembangunan JIEC yang ditargetkan selesai dalam waktu tiga bulan itu saat ini telah mencapai 28 persen.(ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT) ( kompas.com)

Sirkuit Formula E di Ancol Bisa Digunakan untuk Ajang Balap Lainnya

7 Maret 2022 17:10 WIB

SONORABANGKA.ID - Pelaksanaan Pembangunan sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara, terus dikebut pengerjaannya. Terakhir, progress pembangunan telah mencapai 52 persen.

Langkah ini diambil untuk mempersiapkan gelaran Formula E Jakarta pada 4 Juni 2022. Di mana penyelenggara menerapkan sistem pengerjaan 24 jam penuh selama 54 hari.

Secara konstruksi, lintasan yang mempunyai nama resmi Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) ini dibuat permanen, sehingga bisa digunakan untuk berbagai ajang balapan tingkat nasional maupun internasional.

“Jadi DNA-nya adalah street circuit, tapi dibikin permanen juga,” ujar Irawan Sucahyono, Desainer Sirkuit Formula E Jakarta, disitat dari Antara (7/3/2022).

Maka dari itu, walaupun semula JIEC dipersiapkan sebagai sirkuit jalan raya, tapi ketahanan trek balap itu menjadi fokus perhatian kontraktor.

Irawan pun berharap, seluruh pengerjaan sirkuit mobil listrik ini sudah sesuai dengan standar Formula E Operation (FEO) dan Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Menurutnya, Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang mewadahi para peminat otomotif di Indonesia telah mempunyai agenda kejuaraan nasional balap mobil lainnya yang bisa digelar di JIEC.

“Event IMI ini juga banyak sekali, padat. Dan di Jakarta itu kan tidak ada sirkuit, maka ini akan menjadi kontribusi bagi kami,” ucap Irawan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sirkuit Formula E di Ancol Bisa untuk Ajang Balap Lainnya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/07/160100515/sirkuit-formula-e-di-ancol-bisa-untuk-ajang-balap-lainnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm