Batu bara adalah sumber energi fosil terbesar di dunia
Batu bara adalah sumber energi fosil terbesar di dunia ( KOMPAS.com)

Perang Rusia-Ukraina Kerek Harga Batu Bara Acuan Maret ke Level 203 Dollar AS

8 Maret 2022 07:46 WIB

SonoraBangka.ID - Harga batu bara acuan (HBA) melonjak seiring meningkatnya eskalasi ketegangan geopolitik antara Rusia dan Ukraina, yang telah membuat harga batu bara di pasar global melambung tinggi.

Kementerian ESDM pun menetapkan HBA pada Maret 2022 sebesar 203,69 dollar AS per ton. Nilai itu naik 15,31 dollar AS per ton dari Februari 2022 yang sebesar 188,38 dollar AS per ton.

Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi menjelaskan, perang antara Rusia dan Ukraina menyebabkan ketidakpastian pada pasokan gas, sehingga negara-negara Eropa mulai beralih ke batu bara.

Sebagai informasi, Rusia merupakan salah satu produsen gas terbesar di dunia, sementara pasokan gas Eropa paling banyak disuplai oleh negara yang dipimpin Vladimir Putin tersebut.

"Konflik ketegangan geopolitik yang terjadi di Eropa Timur antara Rusia dan Ukraina menyebabkan ketidakpastian pada pasokan gas. Negara-negara Eropa bahkan mulai beralih ke batu bara sebagai sumber energi," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (8/3/2022).

HBA sendiri merupakan harga yang diperoleh dari rata-rata Indonesia Coal Index (ICI), Newcastle Export Index (NEX), Globalcoal Newcastle Index (GCNC), dan Platt's 5900 pada bulan sebelumnya, dengan kualitas yang disetarakan pada kalori 6322 kcal/kg GAR, total moisture 8 persen, total sulphur 0,8 persen, dan ash 15 persen.

Terdapat dua faktor turunan yang memengaruhi pergerakan HBA yaitu, supply dan demand. Pada faktor turunan supply dipengaruhi oleh season (cuaca), teknis tambang, kebijakan negara supplier, hingga teknis di supply chain seperti kereta, tongkang, maupun loading terminal.

Sementara untuk faktor turunan demand dipengaruhi oleh kebutuhan listrik yang turun berkorelasi dengan kondisi industri, kebijakan impor, dan kompetisi dengan komoditas energi lain, seperti LNG, nuklir, dan hidro.

"Nantinya, HBA bulan Maret ini akan dipergunakan pada penentuan harga batu bara pada titik serah penjualan secara Free on Board di atas kapal pengangkut (FOB Vessel)," kata Agung.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perang Rusia-Ukraina Kerek Harga Batu Bara Acuan Maret ke Level 203 Dollar AS", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/03/08/062000326/perang-rusia-ukraina-kerek-harga-batu-bara-acuan-maret-ke-level-203-dollar-as.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm