Ilustrasi menabung, hemat, investasi
Ilustrasi menabung, hemat, investasi ( TOTO SIHONO)

Gaya Hidup Hemat Bukan Pelit, Mau Tahu 7 Cara Memulai Frugal Living?

8 Maret 2022 09:39 WIB

SonoraBangka.idFrugal living sering disebut dengan sikap hidup hemat yang tidak hanya berfokus pada uang saja, tetapi juga makanan dan waktu.

Gaya hidup frugal living menjadi pilihan sebagian orang untuk dapat membantu tercapainya tujuan keuangan di masa depan lebih cepat.

Ini dilakukan untuk menghindari segala sesuatu yang berlebihan atau boros yang dapat merugikan siapa pun dan kapan pun.

Menerapkan gaya frugal living berarti individu tersebut sadar akan setiap pengeluaran untuk lebih mengatur keuangannya dengan mempertimbangkan prioritas yang sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan keuangannya di masa depan.

Pada dasarnya, mengubah kebiasaan tentu akan sulit dilakukan, terutama dalam menerapkan gaya frugal living.

Namun perlu digaris bawahi bahwa frugal living bukan berarti pelit pada diri sendiri atau orang lain akan uang, makanan, ataupun waktu.

Frugal living berkonsep bahwa kita benar-benar bijaksana dalam mengelola keuangan.

Dengan begitu, mulailah dari hal-hal kecil yang bisa kita ubah atau dihilangkan bila merugikan diri sendiri, berlebihan, atau boros.

Perencana keuangan Finansialku.com Rista Zwestika, CFP® membagikan hal-hal yang bisa mulai kita ubah secara perlahan dalam gaya frugal living untuk memudahkan kita mencapai tujuan keuangan pribadi.

1. Buat Anggaran

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm