Bangka Tengah Raih MCP Terbaik se-Babel
Bangka Tengah Raih MCP Terbaik se-Babel ( bangkatengahkab.go.id/Pratama)

Bangka Tengah Raih MCP Terbaik se-Babel, Algafry Harap Makin Baik Tahun Depan

9 Maret 2022 08:57 WIB

SonoraBangka.ID - Kabupaten Bangka Tengah mendapat peringkat 1 se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sebagai pemerintah daerah dengan capaian indeks Monitoring Center for Prevention (MCP) Tahun 2021.

Penghargaan ini diumumkan dan diserahkan kepada Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, pada Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di Kantor Gubernur Babel, Selasa (08/03/2022).

Saat ditemui, Algafry mengucapkan rasa syukurnya atas pencapaian ini. Disebutnya, semua ini merupakan hasil dari kerja sama semua pihak di Pemkab Bangka Tengah.

“Untuk melaksanakan kegiatan ini, kita telah sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh KPK. Delapan sektor yang menjadi prioritas penilaian MCP ini sudah kita jalankan sesuai dengan mekanisme yang ditentukan,” ujarnya.

Sementara itu, dilansir dari laman resmi BPKP RI, MCP atau Monitoring Center for Prevention merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh KPK untuk memudahkan monitoring upaya koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi yang dioperasikan, salah satunya oleh pemerintah daerah.

Dalam pelaksanaannya, MCP meliputi 8 area intervensi yaitu manajemen APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah), optimalisasi pajak daerah, perencanaan dan penganggaran APBD, pelayanan terpadu satu pintu, manajemen ASN, pengadaan barang dan jasa, manajemen aset daerah, dan tata kelola dana desa.

"Harapannya, kedepan penilaian MCP ini terus meningkat,” sambung Algafry.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Ketua KPK, Inspektur Jendral Kementrian Dalam Negeri, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Deputi Koordinasi dan Supervisi KPK, Wakil Gubernur Babel, Kepala Daerah dan Forkompimda se-Babel, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Babel, Kepala Kanwil ATR/BPN Babel, Sekretaris Daerah se-Babel, Inspektur Daerah se-Babel, juga PIC MCP se-Babel. 

https://bangkatengahkab.go.id/berita/detail/kominfo/bangka-tengah-raih-mcp-terbaik-sebabel-algafry-harap-makin-baik-tahun-depan-

SumberDiskominfosta Bangka Tengah
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm