YouTuber Jerome Polin.
YouTuber Jerome Polin. ( (Instagram @jeromepolin))

Jerome Polin Hampir Gagal Balik ke Jepang, Karena Hasil Tes PCR

11 Maret 2022 17:06 WIB

SONORABANGKA.ID - YouTuber Jerome Polin bagikan pengalamannya yang hampir tak bisa kembali ke Jepang lantaran perbedaan tes PCR di Indonesia dan Jepang. Jerome yang kuliah di Jepang, merasa telah terbiasa dengan perjalanan dari Surabaya ke Jepang, tapi tidak di masa pandemi.

"Jadi ada masalah, harus di reschedule besok, besok malam baru bisa berangkat," kata Jerome dikutip dari YouTube Nihongu Mantappu. "Kenapa? Masalahnya ini kesalahan aku, karena aku enggak ngecek persyaratan ke Jepang," kata Jerome.

Karena itu, Jerome sempat terkejut saat ternyata hasil tes PCR yang dibawa dari Indonesia tidak sesuai ketentuan yang diberlakukan oleh pemerintah Jepang. "Jadi, aku kan pertama kali flight di masa pandemi ini, aku pikir biasa-biasa aja, yang penting harus tes PCR dan sebagainya," ucap  Jerome.

"Ternyata tes PCR-nya itu harus mengikuti format yang ada di website pemerintah Jepang, sedangkan PCR aku ini PCR biasa, maksudnya format Indonesia," tambahnya menjelaskan. Penjelasan terkait format tes PCR ini bisa ditemukan di website Kedutaan Besar Jepang di Indonesia atau Kementerian Luar Negeri Jepang. 

Usai berhasil sampai di Jepang dengan selamat, Jerome kembali membagikan cerita tentang seperti apa situasi di sana untuk orang yang baru datang dari luar negeri.

Jerome yang baru dua kali mendapatkan vaksinasi Covid-19 harus diberi label di tangan, serta harus mengikuti aturan karantina selama tiga hari di hotel yang ditunjuk oleh pemerintah Jepang.

"Aku dikasih tanda ini (label) karena aku baru dua kali vaksin, nanti aku dikarantina di hotel pemerintah gitu," ujar Jerome. "Jadi kita enggak bisa milih, harus di hotel yang dipilih sama pemerintah. Tapi semuanya gratis ditanggung sama pemerintah Jepang," imbuhnya.

Sementara itu, Jerome juga diwajibkan mengunduh aplikasi semacam Peduli Lindungi di Indonesia. Dengan semua pengalaman yang dilalui saat kembali ke Jepang selama pandemi Covid-19, Jerome berharap tidak ada lagi orang yang mengalami kesalahan seperti dirinya.

Orang yang akan bepergian harus memeriksa persyaratan yang diberlakukan di negara mana pun yang akan dituju. "Buat teman-teman yang mau ke luar negeri, pastikan cek dulu persyaratan masuk ke luar negeri apa, baru berangkat," ucap Jerome.

"Padahal aku kayak udah sering ke Jepang, aku pikir biasa-biasa aja, ternyata enggak biasa. Pelajaran buat aku dan yang nonton, jangan sampai enggak bisa berangkat," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gara-gara Hasil Tes PCR, Jerome Polin Hampir Gagal Balik ke Jepang", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/03/11/144023266/gara-gara-hasil-tes-pcr-jerome-polin-hampir-gagal-balik-ke-jepang?page=2.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm