Mobil derek membawa mobil dan motor yang terlibat kecelakaan di Jalan Dharmawangsa Raya tepatnya di dekat Sanatorium Dharmawangsa, Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Senin (30/8/2021) siang.(KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO)
Mobil derek membawa mobil dan motor yang terlibat kecelakaan di Jalan Dharmawangsa Raya tepatnya di dekat Sanatorium Dharmawangsa, Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Senin (30/8/2021) siang.(KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO) ( kompas.com)

Jangan Didorong, Ini Cara Untuk Mengatasi Mobil Matik yang Mogok

11 Maret 2022 19:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Ketika mogok, mobil transmisi manual umumnya bisa didorong dalam keadaan darurat. Mobil manual bisa diderek dengan posisi ban mengaspal ataupun dengan towing.

Berbeda halnya dengan mobil transmisi matik. Mobil matik tidak bisa sembarangan didorong atau diderek layaknya mobil manual, karena memiliki komponen mesin yang cuma bekerja saat mesin dalam keadaan hidup.

"Kalau mobil manual, di transmisi itu sistem pelumasan olinya itu model gigi, cipratan. Kalau di matik, itu pakai pompa. Jadi kalau mesinnya enggak nyala, maka pompanya enggak jalan," jelas Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Bambang menjelaskan, kalau mobil matik yang mogok dipaksa untuk didorong, komponen transmisi matik pada mobil bisa rusak.

Dalam keadaan darurat, Bambang mengatakan mobil matik yang mogok sebaiknya memakai derek towing.

"Caranya adalah di-towing, dinaikkin ke atas. Enggak diseret," jelas Bambang.

Dalam keadaan terpaksa harus diderek dengan posisi ban diseret, Bambang menjelaskan yang perlu diperhatikan adalah bagian roda yang diseret.

"Posisi roda penggeraknya diangkat. Misalnya, roda penggeraknya di depan, maka yang depan yang diangkat. Kalau roda penggeraknya di belakang, maka yang belakang yang diangkat," kata dia.

Sedangkan menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, pemilik mobil matik sebaiknya langsung memanggil teknisi yang ahli saat mobil matik mogok.

"Jangan pernah mendorong mobil matik sekalipun dalam keadaan terpaksa. Karena dengan mendorong mobil matik, komponen-komponen mesin atau transmisi akan mengalami shock sehingga mempercepat kerusakan, terutama pada komponen drive train," katanya.

Mencoba menghidupkan mesin mobil matik dengan cara didorong layaknya manual juga tidak dianjurkan untuk mobil matik. Menurut Suparna, selain hal ini susah untuk dilakukan, cara ini juga akan menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen transmisi matik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Didorong, Ini Cara Mengatasi Mobil Matik yang Mogok", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/11/101200915/jangan-didorong-ini-cara-mengatasi-mobil-matik-yang-mogok.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm