Logo aplikasi Youtube Vanced
Logo aplikasi Youtube Vanced ( KOMPAS.com)

Aplikasi YouTube Bebas Iklan Akhirnya Dihapus

15 Maret 2022 09:08 WIB

SonoraBangka.ID - Aplikasi yang dapat menayangkan video YouTube tanpa iklan, YouTube Vanced, kini dihapus. Aplikasi yang populer di kalangan pengguna Android ini dinyatakan sudah tidak lagi dikembangkan dan akan dihapus sepenuhnya.

Hal tersebut diungkapkan pihak pembuat YouTube Vanced melalui akun Twitternya dengan handle @YTVanced. Pihak Vanced mengatakan website dan tautan untuk mengunduh aplikasi tersebut akan hilang.

"Vanced telah disetop. Dalam beberapa hari lagi, tautan unduhan di situs web akan dihapus," kata Vanced di Twitter.

Kendati demikian, mereka tidak menjelaskan alasan di balik keputusan tersebut. Namun, dihimpun KompasTekno dari Android Police, Senin (14/3/2022), kemungkinan besar aplikasi itu dihapus setelah mendapat ancaman hukum dari Google.

Aplikasi modifikasi seperti YouTube Vance ini memang terbilang ilegal. Selain tidak dikembangkan sendiri oleh Youtube, aplikasi ini membuat pengguna bisa menonton video tanpa iklan meski tidak berlangganan YouTube Premium. 

Google sendiri akhir-akhir ini gencar menindak perusahaan-perusahaan yang menyediakan layanan ilegal, seperti bot di Discord bernama Groovy dan Rythm. Bot pemutar musik di Discord ini dianggap melanggar aturan Youtube.

Pasalnya, bot Groovy dan Rythm ini dapat memutar musik yang berasal dari YouTube di Discord. Kedua bot itu dihapus setelah YouTube mengirim surat peringatan kepada pengembang agar untuk menyetop layanannya.

Dengan demikian, praktik yang sama mungkin dilakukan Youtube kepada YouTube Vanced. Guna mencegah teguran dari Google, aplikasi ini sempat berganti nama menjadi hanya Vanced. Pengembang aplikasi ini juga menghapus sebagian besar penyebutan YouTube di situs webnya.

Sayangnya praktik tersebut tampaknya tidak dapat membuat Vanced terhindar dari aturan yang berlaku. Tak hanya Vanced, beberapa aplikasi modifikasi juga menawarkan fitur premium dari Youtube seperti NewPipe.

Kendati demikian, Youtube Vanced tercatat sebagai aplikasi modifikasi Youtube yang populer. Menurut Android Police, aplikasi ini masih dapat diunduh sesuai pembaruan terakhir. Namun setelah dihapus, ke depannya aplikasi ini akan berjalan tanpa dukungan pembaruan lainnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Aplikasi YouTube Bebas Iklan Akhirnya Dihapus", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2022/03/14/13440017/aplikasi-youtube-bebas-iklan-akhirnya-dihapus.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm