Penandatanganan MoU Ikatan Motor Indonesia (IMI) dengan Gallant Venture Pte Ltd untuk pembangunan Bintan International Circuit(Dok. Diskominfo Prov Kepri)
Penandatanganan MoU Ikatan Motor Indonesia (IMI) dengan Gallant Venture Pte Ltd untuk pembangunan Bintan International Circuit(Dok. Diskominfo Prov Kepri) ( kompas.com)

Pembangunan Sirkuit Internasional Bintan Untuk Formula 1 Resmi Dimulai

17 Maret 2022 22:22 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Indonesia akan menambah sirkuit bertaraf internasional yang ditujukan untuk menggelar Formula 1 (F1). Sirkuit tersebut akan dibangun di Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau.

Dengan nama Bintan International Circuit, ditargetkan sirkuit ini bisa jadi yang termegah di kawasan barat Indonesia.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo yang mendapat kehormatan untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan Sirkuit Internasional F1 Bintan.

"Saat ini tim kajian sedang merampungkan Detail Engineering Design (DED) terkait teknis tanah maupun kondisi alam tempat Sirkuit Internasional F1 Bintan yang akan dibangun," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet tersebut, dalam keterangan resminya.

Bamsoet menambahkan, DED Sirkuit Internasional F1 Bintan menyamai konsep Sirkuit di Mandalika yang mengedepankan pemandangan alam. Selain itu, Sirkuit Internasional F1 Bintan dirancang menawarkan pemandangan laut Bintan yang indah.

Sirkuit Internasional F1 Bintan rencananya tidak cuma akan digunakan untuk F1 saja. Sirkuit ini juga diharapkan bisa menjadi tuan rumah untuk berbagai ajang otomotif dunia, seperti balap mobil sport, sampai balap motor MotoGP.

"Pembangunan Sirkuit Internasional F1 Bintan akan berdampak besar pada pertumbuhan ekonomi dan pendapatan asli daerah Bintan. Seiring banyak masuknya wisatawan lokal dan asing dari Singapura, Malaysia dan negara lainnya. Selain akan mendukung sport automotif tourism di kawasan barat Indonesia," kata Bamsoet.

Untuk pembangunan Sirkuit Internasional F1 Bintan, telah disiapkan lahan seluas 75 hingga 100 hektare. Pembangunan ini juga sudah melalui pengkajian tim konsultan dari Inggris, Populous, yang telah banyak mendesain arena motorsport di berbagai negara dunia.

"Setidaknya sudah ada dua kawasan lahan yang disiapkan, yaitu berdekatan dengan Danau Lagoi Bay, dan di belakang pantai pasir panjang dengan panorama pemandangan alam laut. Sirkuit Internasional F1 Bintan akan dilengkapi tribun dan dipercantik dengan keindahan alam Bintan," kata Bamsoet.

Selain itu, telah dilakukan juga penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara IMI yang diwakili oleh Bamsoet dengan Gallant Venture Pte Ltd yang diwakili Eugene Cho Park selaku CEO. Setelah penandatanganan, telah dilakukan juga groundbreaking yang menjadi tanda dimulainya pembangunan Bintan International Circuit.

Nantinya, Populous yang merupakan konsultan dari Inggris akan menentukan lokasi yang paling tepat untuk dibangun Sirkuit Internasional F1 Bintan. Sirkuitnya sendiri diperkirakan akan selesai dibangun dalam waktu dua tahun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pembangunan Sirkuit Internasional Bintan Formula 1 Resmi Dimulai", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/17/154756715/pembangunan-sirkuit-internasional-bintan-formula-1-resmi-dimulai.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm