Kunci Pengaman Tambahan untuk Motor(bukalapak)
Kunci Pengaman Tambahan untuk Motor(bukalapak) ( kompas.com)

Mitos atau Fakta, Pasang Gembok Pada Rem Cakram Bisa Rusak ABS?

17 Maret 2022 22:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Demi menjaga agar sepeda motor tidak dicuri maling, banyak pemiik kendaraan yang menambahkan kunci pengaman atau gembok. Pemasangannya pun cukup beragam.

Salah satu lokasi pemasangan gembok yang paling banyak digunakan adalah rem cakram. Banyak yang mengira lubang pada rem cakram berfungsi untuk mengunci gembok.

Tapi, rupanya cara tersebut dapat berpotensi menyebabkan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) pada motor menjadi rusak.

Ade Rohman, Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, pada pelek motor ABS ditambahkan speed sensor dan pulser ring atau ring berongga untuk membaca kecepatan di pangkal roda.

"Apabila terjadi kerusakan, biasanya akan mengganggu kinerja sistem ABS. Dalam hal ini, penting sekali rasanya bagi pemilik sepeda motor untuk memperhatikan hal ini," ujar Ade.

“Hindari penggunaan gembok yang dipasang di piringan cakram, karena jika sewaktu-waktu Anda menggunakan gembok kemudian lupa membukanya saat hendak jalan, hal ini akan membuat pulser ring menjadi penyok," katanya.

Ade menambahkan, sebaiknya lebih berhati-hati saat menggunakan gembok pengaman motor. Sebab, kalau terjadi kerusakan, perbaikannya juga tentu akan memakan biaya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Pasang Gembok di Rem Cakram Bisa Rusak ABS?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/17/170100615/mitos-atau-fakta-pasang-gembok-di-rem-cakram-bisa-rusak-abs-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm