Bandara Internasional Lombok, NTB
Bandara Internasional Lombok, NTB ( KOMPAS.com)

5G Telkomsel Langsung Aktif Saat Mendarat di Bandara Lombok

18 Maret 2022 16:21 WIB

SonoraBangka.ID - Ajang balap MotoGP yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat, menjadi momen bersejarah untuk Indonesia.

Sebab, setelah 25 tahun, ajang balap motor tahunan ini kembali ke Tanah Air, setelah terakhir kali digelar pada 1996 dan 1997 silam.

Pasalnya, dua operator seluler yakni Telkomsel dan XL Axiata menggelar jaringan generasi kelima alias 5G di ajang tersebut.

Pada Jumat (18/3/2022) sekitar pukul 11.40 WITA pesawat yang kami tumpangi mendarat di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Majid, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Tak lama setelah turun dari pesawat, kami menyalakan ponsel yang sejak berada di pesawat disetel dalam mode airplane.

Ponsel yang kami gunakan sudah mendukung 5G, dengan nomor dari operator seluler Telkomsel dan XL Axiata. Saat airplane mode dinonaktifkan, ponsel mulai mencari sinyal.

Tak butuh waktu lama, muncul indikator 5G di ponsel dengan kartu Telkomsel yang kami gunakan. Untuk kartu XL Axiata, kami hanya mendapatkan sinyal 4G, bukan 5G.

Telkomsel sendiri memang menghadirkan pengalaman akses konektivitas Hyper 5G di ajang balap motor internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia yang berlangsung pada 18-20 Maret di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Operator seluler pelat merah ini menyiapkan 16 BTS 5G yang menjangkau sejumlah titik, yaitu kawasan Mandalika International Street Circuit dan Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid.

Di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid, baru operator seluler Telkomsel yang menghadirkan jaringan 5G di kawasan tersebut. Frekuensi yang digunakan Telkomsel adalah gabungan dari 2.100 MHz dan 2.300 MHz.

Kedua frekuensi tersebut sudah beroperasi secara komersial sejak tahun lalu. Kemudian, ditambah frekuensi 3.500 MHz yang untuk penggunaannya untuk sementara diizinkan oleh Kementerian Kominfo.

Kami menggunakan jaringan 5G tersebut untuk melakukan panggilan video, streaming, serta media sosial. Panggilan video berjalan lancar dengan kualitas yang baik.

Begitu pula saat mencoba streaming. Video dengan kualitas tertinggi bisa kami putar tanpa jeda. Penggunaan media sosial tidak perlu dipertanyakan lagi. Menjelajahi linimasa media sosial bisa dilakukan tanpa kendala sama sekali.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5G Telkomsel Langsung Aktif Saat Mendarat di Bandara Lombok", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2022/03/18/12555667/5g-telkomsel-langsung-aktif-saat-mendarat-di-bandara-lombok?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm