Kondisi kabel mobil yang putus karena digigit tikus. Kejadian ini sering terjadi lantaran tikus menjadikan ruang mesin mobil sebagai sarangnya.(Ari Purnomo)(Ari Purnomo)
Kondisi kabel mobil yang putus karena digigit tikus. Kejadian ini sering terjadi lantaran tikus menjadikan ruang mesin mobil sebagai sarangnya.(Ari Purnomo)(Ari Purnomo) ( kompas.com)

Hoaks atau Fakta Tikus Gemar Membangun Sarang di Mesin Motor?

19 Maret 2022 17:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Hewan Tikus tidak hanya menjadi hama pengganggu di sawah saja, hewan ini juga menjadi ancaman bagi pemilik kendaraan roda dua atau sepeda motor.

Mulai dari kebiasaan tikus yang hobi menggigit kabel-kabel komponen kelistrikan motor, hingga sering tinggal di mesin kendaraan.

Dan bila dibiarkan, hewan pengerat ini seolah menjadikan bagian dek bagian bawah motor atau pijakan kaki pengemudi sebagai sarangnya.

Saat menetap di sana, tikus tidak menggigit kabel-kabel motor saja, tapi juga sering kedapatan membawa aneka sampah atau sisa makanan ke bagian motor yang dijadikannya sarang.

Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PB PDHI) Drh. Muhammad Munawaroh mengatakan bila kebiasaan tikus kerap menjadikan dek mesin motor sebagai rumahnya tidak sepenuhnya tepat. Biasanya, kebiasaan ini tikus lakukan pada motor dengan kondisi tertentu.

“Tidak sepenuhnya benar, kecuali motor mati yang tidak pernah digunakan,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com.

Munawaroh memaparkan kalau tikus menyukai tempat yang gelap dan hangat. Maka dari itu, bagian dek mesin motor menjadi tempat yang ideal.

Tikus akan sering bersembunyi di dek motor karena wilayah tersebut hangat dari mesin yang belum sepenuhnya dingin.

Akan tetapi, bila motor jarang di pakai dan dan mesin dalam keadaan dingin, otomatis tikus akan nyaman membangun sarangnya di sana.

“Namun jika motor tersebut rutin setiap hari digunakan, tikus tidak akan bersarang di dek motor,” kata Munawaroh.

Kebiasaan ini juga berlaku untuk tikus yang sering menjadikan ruang mesin atau bagian bawah mobil sarangnya. Oleh karena itu, dengan rutin membersihkan tempat atau wilayah kendaraan di parkir, jumlah tikus juga akan akan berkurang. 

Tikus mempunyai sifat alami mengigit untuk mengasah giginya agar tetap tajam dan pendek. Maka dari itu, tikus akan menggigiti benda apapun di sekitarnya, termasuk kabel-kabel yang ada di motor. Alasan inilah yang membuat tikus betah di dek motor.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hoaks atau Fakta Tikus Gemar Membuat Sarang di Mesin Motor?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/19/091200815/hoaks-atau-fakta-tikus-gemar-membuat-sarang-di-mesin-motor-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm