Pebalap tim Pata Yamaha With Brixx World SBK Toprak Razgatlioglu melakukan 'burnout' disaksikan ofisial timnya seusai balapan pertama (race 1) WSBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). Toprak Razgatlioglu berhasil menjadi juara dunia WSBK 2021.(ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU)
Pebalap tim Pata Yamaha With Brixx World SBK Toprak Razgatlioglu melakukan 'burnout' disaksikan ofisial timnya seusai balapan pertama (race 1) WSBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). Toprak Razgatlioglu berhasil menjadi juara dunia WSBK 2021.(ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU) ( kompas.com)

Bos Yamaha MotoGP Buka Peluang Toprak Untuk Gantikan Quartararo

25 Maret 2022 22:36 WIB

SONORABANGKA.ID - Pebalap Fabio Quartararo sudah mengungkapkan bahwa dirinya membuka pintu untuk tim lain. Apalagi, kalau musim ini Yamaha tidak bisa lebih kompetitif dari musim lalu.

Musim ini, sudah dua seri berjalan dan Yamaha sama sekali belum merasakan kemenangan. Namun, Quartararo berhasil finis di urutan kedua pada MotoGP Mandalika.

Managing Director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis mengatakan bahwa timnya tetap menargetkan untuk mempertahankan juara dunia MotoGP. Sebab, kemenangan bukan penentu utama untuk menjadi juara dunia, melainkan konsistensi.

"Kami ingat Joan Mir yang hanya satu kali menang bisa menjadi juara dunia MotoGP 2020," ujar Lin Jarvis, dikutip dari Speedweek.com, Jumat (25/3/2022).

Untuk musim 2023, cuma Franco Morbidelli yang kontraknya berakhir di musim tersebut. Sementara pebalap Yamaha lainnya, kontraknya akan berakhir di penghujung musim 2022.

Sebelumnya, juara dunia World Superbike (WorldSBK) 2021 Toprak Razgatlioglu juga dikabarkan sedang mengincar tempat di MotoGP. Sayangnya, untuk musim ini peluang tersebut tidak ada. Tapi, lain cerita dengan musim depan.

"Setiap pebalap ingin berada di tim pabrikan. Raul Fernandez ingin masuk tim pabrikan dan setiap pebalap lainnya juga," ujar Lin Jarvis.

Dia menambahkan, Toprak menargetkan tempat di Yamaha MotoGP Factory Team. Namun, baru bisa dibicarakan bila ada tempat tersedia.

"Prioritas utama kami adalah memperpanjang kontrak Fabio. Jika kami dan Fabio sudah sepakat, dengan kondisi normal tidak akan ada tempat di tim pabrikan," kata Lin Jarvis.

"Tapi, Anda tidak akan pernah tahu apa yang terjadi ke depannya dalam hidup. Kita sudah melihatnya sendiri selama beberapa tahun ini. Kami harus menunggu," ujarnya.

Toprak sendiri dijadwalkan untuk mengetes motor YZR-M1 pertengahan musim ini. Menurutnya, akan menarik melihat Toprak mengetes motor MotoGP, karena tidak ada yang tahu seberapa bagus dirinya.

Soal fisik, Toprak cukup tinggi. Posturnya mirip Valentino Rossi, Luca Marini, atau Marco Simoncelli. Menurut Lin Jarvis, kondisi tersebut tidak masalah jika bobotnya tidak lebih berat dari Danilo Petrucci.

"Jika Toprak ingin pindah ke MotoGP dan kami tidak bisa menempatkannya di tim pabrikan, kami akan membantunya dengan membuatkan kontrak pabrikan dan menempatkannya di RNF Team milik Razlan Razali. Itu sepertinya menjadi satu-satunya opsi yang bisa kami tawarkan untuk jangku waktu yang pendek," kata Lin Jarvis.

Cara tersebut sudah dilakukan sebelumnya dengan Rossi yang bertukar tempat dengan Fabio Quartararo. Walau berada di tim satelit, tapi tetap mendapat dukungan penuh dari pabrikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bos Yamaha MotoGP Buka Peluang Toprak Gantikan Quartararo", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/25/154100815/bos-yamaha-motogp-buka-peluang-toprak-gantikan-quartararo?page=all#page2.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm