Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman. ( (Bangkapos.com/Riki Pratama) )

Ada Dampak Positif dan Negatif Garis Kemiskinan di Babel Rp 770.457 per Bulan

28 Maret 2022 16:39 WIB

SONORABANGKA.IDGaris Kemiskinan Bangka Belitung pada tahun 2021 sebesar Rp770.457 per kapita per bulan.

Dengan komposisi garis kemiskinan makanan sebesar Rp 555.279 per kapita per bulan dan garis kemiskinan bukan makanan sebesar Rp 215.178 per kapita per bulan.

Garis kemiskinan Bangka Belitung ada  di atas garis kemiskinan nasional yang sebesar Rp486.168 dan merupakan yang tertinggi di Indonesia. 

Artinya 1 warga Babel yang berpenghasilan di bawah Rp770.457 per bulan dikategorikan miskin.

Mengenai garis kemiskinan tersebut lalu ditanggapi oleh Gubernur Bangka BelitungErzaldi Rosman.

Menurutnya, dengan data itu berdampak positif dan negatif untuk masyarakat di Bangka Belitung.

"Posisif dong, garis kemiskinan kita tinggi dampak positif di masyarakat kita tidak susah. Cuman ada negatifnya saking duitnya banyak berapun harga pun dibeli, itu akan inflasi," ujar l Erzaldi kepada Bangkapos.com, Senin (28/3/2022) di tengah aktivitasnya.

Dia menuturkan, masyarakat juga harus bijak dalam berbelanja, jangan sampai membeli apapun walupun harganya tinggi.

"Harus bijak dalam belanja, walaupun berapapun harga beli, selaku pemerintah harus membuat ini jangan kebablasan. Makanya, kita berupaya mengantisipasi, melalui satgas pangan akan turun (mengendalikan harga-red)," pinta Erzaldi.

 

Mantan Bupati Bangka Tengah ini juga mencontohkan seperti harga daging sapi di Bangka Selatan mengalami kenaikan dan langsung direspon oleh Kapolda Babel.

"Tadi di Basel, daging sapi katanya Rp 160.000 per kilogram, langsung tadi, pak kapolda nanyak kenapa. Karena belinya sudah tinggi Rp 6.000 perkilonya hidup. Berarti dengan tulang tulangnya, jadi naik. Satu sapi berat 500 kilogram yang hidup ada kenaikan Rp 3 juta dari belinya. Kita bilang siapa distributor disana kita mau bantu bisa ditekan harganya jangan kita biarkan harga tinggi," ungkapnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Gubernur Sebut ada Dampak Positif dan Negatif Garis Kemiskinan di Babel Rp 770.457 per Bulan, https://bangka.tribunnews.com/2022/03/28/gubernur-sebut-ada-dampak-positif-dan-negatif-garis-kemiskinan-di-babel-rp-770457-per-bulan.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm