Ruas Jalan Swadaya 1, Kelurahan Sungaiselan, Kecamatan Sungaiselan, Bangka Tengah yang tampak rusak dan berlubang cukup parah, Senin (28/3/2022).
Ruas Jalan Swadaya 1, Kelurahan Sungaiselan, Kecamatan Sungaiselan, Bangka Tengah yang tampak rusak dan berlubang cukup parah, Senin (28/3/2022). ( (Bangkapos/Arya Bima Mahendra) )

Dinas PUPR Siapkan Anggaran Rp32 Miliar untuk Perbaikan Jalan Rusak

28 Maret 2022 16:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Beberapa ruas jalan yang ada di wilayah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) mengalami kerusakan, mulai kategori rusak sedang hingga rusak berat. Kerusakan tersebut terjadi hampir di seluruh kecamatan yang ada di daerah ini.

Contohnya ruas Jalan Swadaya 1 yang ada di Kelurahan Sungaiselan, Kecamatan Sungaiselan. Jalan yang menjadi akses ke perkampungan dan perkebunan milik warga tersebut tampak rusak dengan lubang yang cukup besar dan banyak.

Kondisi tersebut semakin parah saat hujan turun yang membuat jalanan menjadi becek dan licin.

Menurut Riyadi (53), warga sekitar, rusaknya ruas jalan Swadaya 1 tersebut sudah terjadi cukup lama. "Kayaknya udah sekitar 5 tahunan lah jalannya rusak, soalnya yang lewat situ banyak mobil-mobil truk dengan muatan berat seperti sawit," ujar Riyadi kepada Bangkapos.com, Senin (28/3/2022).

Rusaknya jalan tersebut sangat mengganggu masyarakat yang hendak melintas. "Malesnya itu kalau pas hujan, soalnya bikin kendaraan malah jadi kotor. Terus malah bikin bahaya juga, jadi lewatnya juga harus pelan-pelan," katanya.

Terpisah, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Bangka Tengah, Yusuf Khoiruddin menyebutkan pihaknya telah berencana akan melakukan perbaikan sejumlah ruas jalan yang ada diseluruh kecamatan di Kabupaten Bangka Tengah pada tahun ini.

Perbaikan jalan tersebut terdiri atas dua jenis, yakni peningkatan dan pemeliharaan. "Untuk peningkatan jalan akan dilakukan di semua kecamatan, dengan total yang akan diperbaiki sepanjang 5,5 km di spot-spot tertentu," kata Yusuf.

Sedangkan, untuk pemeliharaan akan dilakukan diempat kecamatan yakni, Koba, Lubuk Besar, Namang dan Pangkalanbaru dengan total panjang 2 km. "Di Kecamatan Simpangkatis dan Namang, tahun ini tidak ada pemeliharaan dan hanya dilakukan peningkatan saja karena terkendala kondisi anggaran,"ucapnya.

Lanjut Yusuf, pada tahun 2022 ini, pihaknya sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp16 miliar lebih yang bersumber dari APBD Kabupaten Bangka Tengah Tahun Anggaran 2022.

Tak hanya itu, pihaknya juga memiliki sumber dana lainnya yang berada dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang jumlahnya juga sekitar Rp16 miliar lebih. "Jadi totalnya ada sekitar Rp32 miliar lebih yang akan kami gelontarkan untuk perbaikan jalan di Bangka Tengah pada tahun ini," ungkapnya.

Yusuf menyebutkan, proses perbaikan sejumlah ruas jalan dengan total panjang sekitar 7,5 km tersebut akan dilakukan secara bertahap dan ditargetkan akan mulai pengerjaannya setelah lebaran Idul Fitri nanti.

"Saat ini kita masih dalam tahap pemeriksaan berkas dan review dari Inspektorat. InsyahAllah awal Bulan April ini sudah bisa dilakukan pelelangan,"ucapnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Jalan Rusak dan Berlubang di Bangka Tengah, Dinas PUPR Siapkan Rp32 Miliar untuk Perbaikan  , https://bangka.tribunnews.com/2022/03/28/jalan-rusak-dan-berlubang-di-bangka-tengah-dinas-pupr-siapkan-rp32-miliar-untuk-perbaikan.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm