The Academy
The Academy ( KOMPAS.com/Cynthia Lova)

The Academy Mulai Usut Insiden Will Smith Tampar Chris Rock di Panggung Oscar

29 Maret 2022 13:06 WIB

SonoraBangka.ID - The Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) atau penyelenggara Oscar secara resmi mengumumkan bakal mengusut insiden di atas panggung antara Will Smith dan Chris Rock.

Dalam pernyataannya, The Academy mengutuk tindakan Will Smith menampar Chris Rock.

“Kami telah secara resmi mulai mengusut seputar insiden tersebut dan akan mengeksplorasi tindakan dan konsekuensi lebih lanjut sesuai dengan aturan internal, Anggaran Rumah Tangga, Standar Perilaku, dan hukum California,” begitu pernyataan The Academy dilansir dari ETonline, Selasa (29/3/2022).

Sebelumnya, The Academy merilis pernyataan bahwa tidak membenarkan kekerasan yang terjadi di Oscar 2022.

"Academy tidak memaafkan (tidak membenarkan) kekerasan dalam bentuk apapun," bunyi pernyataan itu.

"Malam ini, kami dengan senang hati merayakan pemenang Academy Awards ke-94, yang pantas mendapatkan momen pengakuan ini dari rekan-rekan mereka dan pecinta film di seluruh dunia,” lanjut pihak Academy.

Diketahui, komedian Chris Rock ditampar oleh aktor Will Smith di panggung Oscar 2022 yang digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, Minggu (27/3/2022) waktu setempat.

Will Smith naik ke atas panggung dan menampar Chris Rock usai sang komedian membuat lelucon soal Jada Pinkett Smith.

Chris Rock mengatakan bahwa Jada yang kini botak bisa mengisi sekuel G.I Jane, film yang diperankan oleh Demi Moore dengan kepala gundul.

Sebagai informasi, Jada Pinkett Smith menggunduli rambutnya usai berjuang melawan Alopesia, penyakit autoimun.

Setelah menampar Chris Rock, Will Smith berteriak agar komedian itu tidak menyebut lagi nama istrinya. "Jauhkan nama istriku dari mulutmu!," teriak Will Smith. Sementara itu, Will Smith meraih Oscar untuk kategori Aktor Terbaik. Dalam pidatonya, Smith sempat menyampaikan permintaah maaf pada The Academy atas insiden yang terjadi. Dengan berlinang air mata, Will Smith merasa bisa menyinari orang-orang lewat karyanya.

Will Smith juga mengunggah pernyataan maaf terhadap Chris Rock di media sosial pada Selasa (29/3/2022).

Ia mengakui bahwa guyonan Chris Rock soal kondisi kesehatan istrinya, Jada Pinkett, tak bisa ia terima. Baginya, itu terlalu berat dan membuat dirinya emosional hingga menampar Chris Rock di atas panggung Oscar 2022.

"Lelucon di dunia saya dalam bagian dari pekerjaan, namun lelucon soal kondisi kesehatan Jada adalah terlalu berat bagi saya dan saya bereaksi emosional," tulis Will Smith.

"Saya ingin meminta maaf secara terbuka kepada dirimu, Chris. Saya jelas melewati batas dan saya salah," tuturnya.

Sementara itu, Chris Rock belum menyampaikan pernyataan semenjak kejadian tersebut.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "The Academy Mulai Usut Insiden Will Smith Tampar Chris Rock di Panggung Oscar", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/03/29/111149466/the-academy-mulai-usut-insiden-will-smith-tampar-chris-rock-di-panggung?page=2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm