Sutradara Amrul Hakim (kiri) saat ditemui di sela acara forum Akatara Indonesian Film Business & Film Market 2022, Rabu (30/3/2022), di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan.
Sutradara Amrul Hakim (kiri) saat ditemui di sela acara forum Akatara Indonesian Film Business & Film Market 2022, Rabu (30/3/2022), di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan. ( (KOMPAS.com/VINCENTIUS MARIO))

Film Kelana Teh Sudah Resmi Digandeng Sukmawinata Institut Berkat Akatara Forum 2022

31 Maret 2022 10:19 WIB

SONORABANGKA.ID - Film berjudul Kelana Teh resmi mendapat investor baru bernama Sukmawinata Institute, guna membiaya proses produksi film tersebut. Sebelumnya, Kelana Teh masuk dalam 50 proyek Akatara terpilih usai melalui proses kurasi dan penjurian.

Puluhan proyek itu terdiri dari lima kategori, yaitu; Kategori Fiksi Pendek, Animasi, Fiksi Panjang, Serial, dan Dokumenter. Selama penyelenggaraan Pitching Forum Akatara 2022 ini, pemilik 50 proyek terpilih diberikan waktu presentasi di depan investor.

Semangat dan konsep yang dibawa dalam film Kelana Teh rupanya mengetuk investor untuk bergabung. Hal itu dijelaskan sutradara film Kelana Teh, Amrul Hakim.

"Film ini cerita tentang proses teh dari hulu sampai hilir, bahwa sejarah teh ada, dipertemukan dengan master teh, para pembelajar tehnya, sekaligus dipertemukan dengan petaninya. Buat saya ini barang bagus untuk dibuat dokumenter. Saya bikin story, lalu saya kirim ke Akatara,"ujar Amrul saat ditemui di sela acara Akatara hari kedua di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (30/3/2022).

Amrul sangat bersyukur dapat dipertemukan dengan investor lewat forum Akatara 2022.

"Akatara ini sangat membantu. Posisinya kita risetnya sudah lumayan, tinggal penyelesaian akhir,"kata Amrul. Amrul menilai, investor Sukmawinata Institute tak selamanya berorientasi pada profit semata.

"Terus dapat pembiayaan dari Sukmawinata Institut yang kebetulan tidak orientasinya tak selalu profit, tapi benefit. Artinya film ini akan jadi materi bagi para pembelajar teh," tambah Amrul.

Selain itu, dalam sambutannya, Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf Hanifah Makarim mengatakan, semoga kolaborasi yang terjadi antara Kelana Teh dan investor dapat menghasilkan manfaat yang lebih luas.

"Selamat buat film Kelana Teh. Semoga kolaborasi Kelana Teh dan investor bisa membuahkan profit, tak hanya itu, tapi juga benefit," kata Hanifah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Film Kelana Teh Resmi Digaet Sukmawinata Institut Berkat Akatara Forum 2022", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/03/31/094841766/film-kelana-teh-resmi-digaet-sukmawinata-institut-berkat-akatara-forum-2022.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm