Perfilman Indonesia
Perfilman Indonesia ( KOMPAS.com/Vincentius Mario)

Andibachtiar Yusuf Singgung Minimnya Eksplorasi Tema di Perfilman Indonesia

31 Maret 2022 12:44 WIB

SonoraBangka.ID - Sutradara Andibachtiar Yusuf mengatakan salah satu permasalahan perfilman Indonesia dewasa ini ada pada hal eskplorasi tema.

Menurut sutradara film Baby Blues itu, film Indonesia kurang variatif dan kerap terjebak pada tema yang sama.

"Di Hari Film Nasional, industri film tantangan besarnya tema yang itu-itu aja sih," kata Andi saat ditemui di sela forum Akatara hari kedua di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (30/3/2022).

Andi berpendapat permasalahan ini tak bisa hanya dibebankan pada satu pihak.

"Yang salah siapa? Kreatornya? Ya, enggaklah. Ketika kesempatan ada seluas-luasnya di dunia ini, kita masih di situ aja," lanjutnya.

Sutradara serial Star Stealer itu menyimpulkan, yang membuat tema film Indonesia itu-itu saja adalah persoalan sistem.

"Saya percaya bukan salah kreator atau apanya, tetapi sistem penunjang. Di tengah semua pilihan banyak, kita harus berani. Menurut gue bukan soal berani, tetapi berbeda," ucap Andi.

Di sisi lain, Andi kembali mengungkap cita-cita banyak sineas Tanah Air, bahwa film Indonesia harusnya menjadi tuan rumah di negara sendiri.

"Kalau Korea itu 21 hari buat film nasional tayang. Sisanya baru film luar. Artinya ada promosi dari mulut ke mulut, kebijakan pemerintah. Itu satu hal, hal lain misalnya aturan sensor," ujar Andi.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Andibachtiar Yusuf Singgung Minimnya Eksplorasi Tema di Perfilman Indonesia", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/03/30/214609266/andibachtiar-yusuf-singgung-minimnya-eksplorasi-tema-di-perfilman-indonesia.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm